ADVERTISEMENT

Muklay Kolaborasi Bareng 3Second, Luncurkan Produk di Las Vegas hingga New York

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 09 Agu 2022 19:20 WIB
Seniman Muchlis Fachri atau Muklay ditemui di ajang Animamix Biennale di Art:1 New Museum, Jakarta Pusat.
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta -

Kedatangan Muchlis Fachri ke Amerika Serikat bukan sekadar membuat mural. Tapi, seniman visual asal Jakarta itu bakal meluncurkan produk spesial hasil kolaborasi bersama 3Second asal Bandung ke tiga kota di negeri Paman Sam tersebut.

"Besok mau launching produk di Agenda Show Las Vegas. Lalu lanjut ke New York, dan juga Los Angeles," kata Muklay ketika berbincang dengan detikcom.

Menurut penuturan Muklay, kolaborasi bersama 3Second merupakan jangka panjang. Produk-produk yang diluncurkan bakal tersedia di toko-toko 3Second.

"Jadi ini proyek jangka panjang bisa dibilang. Ke tiga kota itu, gue nggak mau cuma fashion show atau peluncuran produk, mau ninggalin jejak juga lewat mural," katanya.

Ciri khas gaya Muklay dianggap mencirikan street style yang identik dengan 3Second. "Jadi memang tahun ini gue support brand local kita, dan 3Second memang fast fashion yang lagi berkembangan banget," sambung Muklay.

3Second sengaja memilih seniman Muklay karena cocok dengan brand image yang ingin ditonjolkannya. Peluncuran produk spesial bersama 3Second juga terbilang berbeda.

Mereka menampilkan keluaran yang lebih berani dan ekspresif. Produknya pun tidak seperti reguler biasanya tapi sesuai dengan street style.

Muklay juga mengatakan sepanjang di Los Angeles, dia membuat dua mural. Salah satu karya dibuatnya kolaborasi bersama komunitas grafiti, Secret Walls.

"Hari pertama di Los Angeles hubungi Secret Walls, mau bikin mural, disediakan tembok dan didukung Pilox, bawa nama 3Second juga. Tapi itu black and white, gue mau bikin yang colourful. Basicly memang karya-karya gue selalu berwarna," kata Muklay.

Muklay pun pergi ke downtown Los Angeles dan mencari area yang bisa digambar. Di downtown Los Angeles, ada satu kawasan yang merupakan lahan parkir di rooftop dan ada banyak karya mural para seniman.

"Gue minta izin bos parkiran, lokasi itu juga eks festival grafiti terbesar di Los Angeles. Banyak seniman grafiti besar yang bikin mural di situ, di sekeliling karya gue juga banyak mural yang permanen," sambung Muklay.

Mural Muklay kedualah yang membuat namanya makin dibicarakan di Indonesia. Jagat maya khususnya seniman di Tanah Air membicarakan tentang mural tersebut.



Simak Video "Dikabarkan Tak Akur, Hailey Bieber Ungkap Hubungannya dengan Selena Gomez"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT