ADVERTISEMENT

Animator Indonesia Pinot Terserang Stroke, Aksi Solidaritas Digalang

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 01 Jul 2022 16:40 WIB
Animator Pinot Terserang Stroke
Animator Indonesia Pinot dikabarkan terserang stroke sejak 26 Juni 2022. Foto: @didut/ Twitter
Jakarta -

Animator asal Indonesia, Wahyu Ichwandardi atau dikenal dengan nama Pinot dikabarkan terserang stroke. Pria yang kini tinggal di Los Angeles kondisinya terus menurun selama beberapa hari yang lalu.

Aksi solidaritas untuk Pinot tengah digalang di situs kitabisa.com. Berjudul Solidaritas untuk Pinot yang dibuat oleh Alanda dan Ligwina, menjelaskan kronologinya.

Pada hari Jumat (24/06) lalu, Pinot mengalami penyakit stroke dan kini sedang mengalami koma di rumah sakit di New York City, Amerika Serikat. Kondisi itu juga diamini oleh istrinya Dita W Yolashasanti.

Ia menceritakan, Kamis (23/6) malam suaminya masih dalam kondisi baik, sebelum stroke menyerangnya pada Jumat (24/6) dini hari.

"Malam itu (Kamis), @pinot minta difotoin baca Tintin. Katanya wis tuwek jg masih baca. Trs ambil yg versi Indo ngakak2 baca umpatan2 di dalamnya. Siapa sangka Jumat dini hari Papin kena stroke. Dan kondisinya very poor. He's in life support right now," tulisnya.

Dia juga mengatakan, Jumat seharusnya merupakan hari bahagia bagi anak pertamanya mereka yang akan merayakan hari kelulusan.

"It was her graduation day. Kita udah mau celebrate bareng. Papin udah cuti krn setelah prosesi wisuda kita mau abisin waktu bareng," tulis Ditut. Namun, Arwen justru tidak mengikuti prosesi wisuda karena harus menjaga kedua adiknya. Dia mau abisin waktu jaga adik-adiknya, while aku di RS," tulis Dita.



Pinot dikenal sebagai sosok yang selalu membawa energi positif lewat karyanya dan memberikan inspirasi untuk orang sekitarnya. Ia juga dikenal sebagai ayah tiga anak yang masih berusia sekolah.

Kondisi Pinot kini dalam keadaan koma dan bergantung pada peralatan pendukung rumah sakit. Dokter mengatakan bahwa kemungkin Pinot untuk bisa pulih sangat kecil.

"Namun, hal ini tidak membuat kami berkecil hati. Pinot adalah orang yang kuat dan kami berharap Pinot dan keluarganya dapat melewati hal ini," tulis keterangan kitabisa.com.

Animator Pinot Terserang StrokeAnimator Pinot Terserang Stroke Foto: Istimewa

Pinot dikenal sebagai seniman yang banyak membuat karya digital dengan estetika analog. Dia tercatat pernah berkolaborasi bersama para musisi top dunia seperti Childish Gambino, Twenty One Pilots, hingga Fatboy Slim.

Salah satu karyanya yang mengangkat versi jadul trailer Star Wars:The Last Jedi pada komputer Apple 1984, KoalaPad 1984, dan sebuah program bitmap.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 29 Oktober 1969 sering memajang video pendek karyanya di medium seperti Vine, Steller, Snapchat, dan Twitter.



Simak Video "Banjir Doa untuk Kesembuhan Animator Pinot W. Ichwandardi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT