ADVERTISEMENT

Beyonce Nyaris Bugil di Sampul Album Terbaru, Contek Lukisan Ini?

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 01 Jul 2022 18:49 WIB
Penampilan Beyonce di British Vogue Juli 2022
Foto: British Vogue/Rafael Pavarotti
Jakarta -

Beyonce menghebohkan dunia musik dengan pengumuman sampul album terbaru, Renaissance. Baru saja dibicarakan karena potretnya yang nyaris bugil namun netter mengomentarinya karena konsepnya mirip dengan lukisan yang berasal dari abad ke-19.

Penampilan Beyonce dipotret oleh Carlijn Jacobs dengan mengenakan pakaian minim dan hanya memakai sejenis perhiasan di seluruh tubuhnya yang menutupi bagian area dada dan bawah perut. Dia duduk di atas kuda yang berwarna metalik.

Pada caption foto, Beyonce menjelaskan proses pembuatan album Renaissance. Ia menyebut penggarapan album ini merupakan pelarian dari dunia yang 'mengerikan'.

"Menciptakan album ini memberiku tempat untuk bermimpi dan menemukan pelarian dalam waktu yang mengerikan bagi dunia. Album ini memungkinkanku untuk merasa bebas dan bertualang di waktu yang membiarkan sesuatu hal lain bergerak," ujar Beyonce.

Penampakan Beyonce itu disentil netizen karena nyontek dengan lukisan karya John Collier yang berasal dari tahun 1880/98 berjudul Lady Godia, Dalam lukisannya, ia menggambarkan seorang perempuan telanjang dalam pengetahuan Anglo-Saxon.

Menurut legenda, Lady Godiva mengendarai kuda di sekitar abad ke-11 sebagai protes terhadap rencana dari suaminya yang merupakan warga Coventry, Inggris. Leofric mengatakan dia akan membatalkan pajak jika istrinya muncul di kota sembari bertelanjang dan menunggang kuda.

Lady Godiva menerima tantangan tersebut. Alkisah, suaminya meminta semua warga desa diam di dalam rumah sehingga istrinya bisa mempertahankan martabatnya, kecuali satu pria bernama Peeping Tom.

Lukisan John Collier yang terkait dengan gerakan Pra-Raphael kini disimpan di Galeri dan Museum Seni Herbert di Coventry.

Kisah mengenai Lady Godiva menjadi sebuah mitos yang belum tentu benar. Tapi para sejarawan menyebutkan kalau Lady Godiva yang juga disebut Godgifu merupakan orang kaya dan punya banyak tanah di Inggris.

Kisah mengenai mitos Lady Godiva bertelanjang dada muncul setelah 100 tahun kematiannya. Ceritanya ada dalam buku karya Roger of Wendover yang terkenal dengan tulisan-tulisannya yang berani.

Dilansir dari ARTNews, ini bukan pertama kalinya Beyonce mencari referensi sejarah dalam karyanya. Sebelumnya, dia muncul bersama suaminya Jay-Z di dekat mahakarya Louvre dan lukisan Jean-Michel Basquiat yang jarang terlihat.

Beyonce juga kerap memampilkan karya-karya seperti David Hammons, Richard Prince, Derrick Adams, Conrad Egyir, Robert Pruitt, dan lebih banyak di video musiknya.



Simak Video "Dianggap Singgung Disabilitas, Beyonce Hapus Lirik di Lagu 'Heated'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT