ADVERTISEMENT

5 Hal Menarik di ARTJOG 2022 yang Tak Boleh Dilewatkan

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 01 Jul 2022 15:25 WIB
ARTJOG 2022
Jumpa pers ARTJOG MMXXII digelar di Artotel Suites Bianti, Yogyakarta. Foto: Delia/detikhot
Yogyakarta -

ARTJOG MMXXII akan dibuka untuk publik mulai 8 Juli hingga 4 September 2022. Ada 5 hal menarik yang tak boleh dilewatkan sepanjang program berlangsung, berikut di antaranya:

1. ARTJOG KIDS

Salah satu program yang paling mencolok di ARTJOG MMXXII adalah ARTJOG KIDS. Untuk pertama kalinya, mereka secara khusus menghadirkan program khusus untuk anak.

Ada 14 anak yang karyanya terpilih untuk bersanding dengan seniman profesional. Namun tidak hanya dipamerkan saja, para pengunjung anak juga bisa berinteraksi dengan karya seni yang sudah disiapkan, salah satunya karya seni instalasi yang dibuat khusus oleh seniman Tempa.

2. Keterlibatan Kelompok Jogja Disability Art (JDA)

Program lain yang menjadi sorotan di ARTJOG MMXXII adalah program yang melibatkan Jogja Disability Art. Ada sejumlah karya kolaborasi dari 16 seniman disabilitas dan non-disabilitas yang bisa dinikmati.

Melalui ARTJOG MMXXII, JDA ingin membawa pesan bahwa ruang seni adalah ruang masyarakat yang bisa menjadi ruang bersama. Hal ini senada dengan tema ARTJOG MMXXII yang secara khusus mengambil tema inklusivitas.

3. Karya-karya Sanggar Seni Komunitas Tuli Ba(WA)yang

Komunitas Ba(WA)yang juga akan ikut menyumbangkan karya mereka dalam berbagai medium. Para pengunjung bisa menikmati karya fotografi, komik hingga lukisan.

Tema yang akan dibawa oleh Komunitas Ba(WA)yang pun bermacam-macam, di antaranya pelecehan seksual, ungkapan perasaan, hingga respons dari isu-isu kematian pada era COVID-19.

4. Filosofi dan Gagasan Christine Ay Tjoe

Karya seni instalasi Christine Ay Tjoe adalah salah satu yang tak boleh dilewatkan di ARTJOG MMXXII. Selama 20 tahun kariernya, ia dikenal lewat karya-karya yang memberi perhatian pada kompleksitas hidup manusia.

[Gambas:Instagram]



Untuk ARTJOG MMXXII, Christine Ay Tjoe menghadirkan sebuah karya interaktif yang terinspirasi dari wujud Tardigrada (hewan air mikroskopis yang mampu menangguhkan metabolismenya ketika situasi lingkungan tidak memungkinkan untuk hidup.

Melalui karyanya, Christine Ay Tjoe ingin menggambarkan penghargaan terhadap daya hidup atau resiliensi yang dirancang sedemikian rupa sehingga pengunjung nantinya dapat menyentuh, meraba, bahkan memeluknya.

(Baca halaman berikutnya soal berbagai program ARTJOG 2022 yang tak boleh dilewatkan)



Simak Video "ARTJOG MMXXII Resmi Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT