ADVERTISEMENT

Pro Kontra Karya Seni Taring Padi di Kassel

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 24 Jun 2022 12:45 WIB
Karya Seni Taring Padi di Kassel Dituduh Anti-Semit
Baliho raksasa People's Justice karya Taring Padi di documenta fifteen dituduh anti-Semitisme dan kini telah diturunkan. Foto: Taring Padi/ Instagram

Karya Taring Padi, lanjut dia, diterjemahkan secara sepotong. Tidak dinilai secara isu geopolitik yang ingin mereka sampaikan.

Ia berpendapat karya itu menjadi kontroversial karena orang Jerman yang menolak ekspresi seniman yang dinilai kaum minoritas atau negara dunia ketiga.

"Bahwa seni tinggi yang mereka jaga selama ini runtuh dengan perspektif baru yang ditawarkan oleh ruang rupa sebagai direktur artistik documenta. Bahwa documenta sebagai event besar dunia yang menjadi patron diskursus seni internationa yang terjadi 5 tahun sekali ternyata menghadirkan tawaran menarik yang tidak menjadi kultur kesenian barat yang telah mandeg," ungkap Citra.

Hal senada juga dituturkan oleh Ben Perrot dari El Warcha Design Studio kepada detikcom. Sejak beberapa bulan terakhir, documenta fifteen diserang oleh berbagai isu termasuk anti-Semitisme yang baru-baru ini dibahas.

Karya Seni Taring Padi di Kassel Dituduh Anti-SemitKarya Seni Taring Padi di Kassel Dituduh Anti-Semit Foto: Taring Padi/ Instagram

"Karya Taring Padi yang dibuat 20 tahun yang lalu menentang kekerasan dan perang, tapi satu karakter yang dilukis dengan salib David ditafsirkan sebagai anti-Semit. Kami mendukung Taring Padi dengan mengambil beberapa figur kardus dan meletakkannya di ruang kami sebagai tanda dukungan, meski karya itu dihapus permanen," katanya.

Dia menegaskan tak ada satu pun seniman yang dikurasi oleh ruangrupa menganut anti-Semit. "Ada diskusi dan interaksi luar biasa yang ada di documenta 15 dan ruangrupa melakukan pekerjaan yang luar biasa," tukasnya.



Simak Video "Pengumuman! BLACKPINK Konser di Jakarta Maret 2023"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT