Kartunis Nabi Muhammad Meninggal Murni karena Kecelakaan, Bukan Teror ISIS

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 16 Jun 2022 14:25 WIB
FILE - Swedish artist Lars Vilks speaks during an interview with The Associated Press in Malmo, Sweden, Wednesday March 4, 2015. Vilks, who had lived under police protection since his 2007 sketch of the Prophet Muhammad with a dog’s body brought death threats, died from a traffic accident Sunday, Oct. 3, 2021 Swedish news media reported. (AP Photo/David Keyton)
Kartunis Nabi Muhammad, Lars Vilks dinyatakan meninggal karena kecelakaan bukan teror ISIS. Foto: AP Photo/David Keyton
Jakarta -

Setahun setelah kartunis Nabi Muhammad Lars Vilks meninggal, kepolisian Swedia menegaskan kematiannya murni karena kecelakaan. Bukan teror dari ISIS yang selama ini menjadi dugaan sementara.

Pihak berwenang juga menyatakan kecelakaan itu mengakibatkan ban mobilnya meledak sehingga tak terkendali. Saat itu, Lars Vilks menaiki mobil polisi sampai menyebabkan mobil yang ditumpangi menabrak truk.

Kecelakaan yang terjadi pada 4 Oktober itu menewaskan tiga orang. Termasuk kartunis yang berusia 75 tahun tersebut.

Pernyataan itu dibagikan pihak berwenang kepolisian Swedia pekan ini. Sejak 2007, Lars Vilks berada dalam perlindungan polisi akibat sketsa Nabi Muhammad yang menuai kontroversial.

"Lars Vilks selama ini menghadapi ancaman pembunuhan karena sketsa yang dibuatnya. Dia juga pernah diancam sebelumnya, kecelakaan itu menimbulkan pertanyaan apakah itu merupakan serangan teror atau kecelakaan," ungkap pihak kepolisian, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Hampir setahun lamanya, proses investigasi dilakukan. Kini, Swedish Prosecution Authority atau Otoritas Penuntutan Swedia mengumumkan kecelakaan sang kartunis murni sebuah kecelakaan tragis.

Penyelidikan pun ditutup atas peristiwa yang terjadi pada 4 Oktober tersebut setelah analisis ekstensif.

"Kami sudah menyelidiki secara teknis di tempat dan pemeriksaan saksi-saksi," tegas pihak berwenang Swedia.

"Kemungkinan besar ban pada kendaraan polisi meledak dan kemudian pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya yang datang ke seberang jalan dan bertabrakan dengan truk," kata Kepala Jaksa Per Nichols.

Pihaknya juga menegaskan tidak ada kejahatan maupun teror yang dilakukan untuk Lars Vilks.

Lars Vilks dikenal sebagai kartunis Nabi Muhammad, namanya kian mencuat setelah sketsa Muhammad dengan tubuh anjing itu menuai kontroversial. Anjing dianggap najis oleh umat Muslim dan penggambaran Nabi tidak diizinkan.

Al-Qaeda memberikan hadiah jika ada yang berani membunuhnya. Pada 2010, ada dua pria mencoba membakar rumahnya di Swedia selatan. 2014, seorang perempuan Pennsylvania mengaku bersalah dalam percobaan pembunuhannya.

Pada 2015, saat Lars Vilks hadir di seminar kebebasan berbicara, ia diserang pria bersenjata yang diketahui membunuh sutradara film Denmark dan melukai 3 petugas polisi.



Simak Video "Kematian Kartunis Swedia yang Menggambar Nabi Muhammad Diselidiki"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)