Selain Belanda, Ini 5 Kontroversi Lomba Karikatur Nabi Muhammad Lainnya

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 31 Agu 2018 12:25 WIB
Selain Belanda, Ini 5 Kontroversi Lomba Karikatur Nabi Muhammad Lainnya Foto: BBC World
Jakarta - Lomba karikatur Nabi Muhammad yang diselenggarakan oleh politisi Belanda Geert Wilders menuai kontroversi hingga dibatalkan hari ini. Selama ini kompetisi karikatur maupun komik mengenai Nabi Muhammad kerap dikecam umat Muslim.

Indonesia pun turut mengecam lomba tersebut dan menegaskan kompetisi yang digelar adalah tindakan provokatif. Sebelum kontroversi yang terjadi di Belanda, berikut 5 peristiwa lainnya yang dirangkum detikHOT:

1. Kartun Nabi Muhammad di Majalah Charlie Hebdo

Kontroversi mengenai kartun Nabi Muhammad yang dipublikasikan oleh Majalah Charlie Hebdo pada November 2011 lalu menuai kontroversi dan mendapat kecaman dunia. Kantor Charlie Hebdo bahkan mendapatkan serangan yang mengatasnamakan agama Islam.

Karikatur yang dipublikasikan majalah mingguan satir yang berbasis di Paris itu lantaran pihak majalah merilis edisi 'Charia Hebdo' (Hebdo Syariah) dengan karikatur Nabi Muhammad di bagian halaman depan yang berupa satu versi kartun Nabi Muhammad mengenakan sorban dengan satu lingkaran berisi tulisan "100 cambukan jika kalian tidak mati karena ketawa."

2. 12 Karikatur Nabi Muhammad di Majalah Denmark

Charlie Hebdo bukan media pertama yang mengkartunisasi Nabi Muhammad. Di tahun 2005 ada Majalah Denmark Jyllands-Posten yang pernah mempublikasikan 12 karikatur Nabi Muhammad. Dua ratus orang tewas dalam aksi protes yang terjadi di seluruh dunia, ketika koran Denmark Jyllands-Posten memuat kartun Rasulullah.

3. Film 'Innocence of Muslim' Dikecam

Pelarangan juga berlaku untuk penggambaran Nabi Muhammad dan nabi-nabi lainnya dalam film atau program televisi. Ketika trailer film anti-Muslim berjudul "Innocence of Muslims" beredar di YouTube pada 2012, protes muncul di beberapa negara. Empat orang, termasuk Duta Besar AS Chris Stevens, tewas di Libya ketika ekstrimis menyerang kantor-kantor yang berhubungan dengan AS pada 11 September 2012.

4. Karikatur Nabi Muhammad Dibuat Lagi di Charlie Hebdo

Pada September 2012, meski terjadi kemarahan global atas film anti-Islam berjudul "Innocence of Muslims," majalah ini menerbitkan edisi yang menampilkan kartun Nabi Muhammad telanjang dan gambar sampul dimana Nabi Muhammad naik kursi roda yang didorong oleh seorang Yahudi Ortodoks.

5. Menteri Denmark Terbitkan Kembali Karikatur Nabi Muhammad

Selain Belanda, Ini 5 Kontroversi Lomba Karikatur Nabi Muhammad Lainnya  Selain Belanda, Ini 5 Kontroversi Lomba Karikatur Nabi Muhammad Lainnya Foto: REUTERS/Mathias Loevgreen Bojesen/Scanpix


September 2017 lalu, Menteri Imigrasi dan Integrasi Denmark, Inger Stojberg, memicu kontroversi dengan menunjukkan kartun Nabi Muhammad SAW lewat gawai pribadinya. Perempuan itu memperlihatkan sebuah unggahan Facebook mengenai kartun tersebut yang pernah menjadi kontroversi pada 2008.

Ia mengunggah gambar tersebut berikut dengan screen shot gambar latar belakang di gawai pribadinya yang menunjukkan karikatur seorang pria berjenggot dengan bom di sorbannya. Karikatur tersebut merupakan salah satu dari 12 kartun yang pernah menghebohkan Denmark hampir satu dekade lalu.



Tonton juga 'Lomba Karikatur Nabi Muhammad Lukai Warga Muslim Dunia':

[Gambas:Video 20detik]

(tia/nu2)