Lembaran Komik Langka Teenage Mutant Ninja Turtles Dilelang Rp 3,5 M

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 20 Apr 2022 21:03 WIB
Komik Teenage Mutant Ninja Turtles #1
Komik Teenage Mutant Ninja Turtles #1 dilelang senilai Rp 3,5 miliar. Foto: Istimewa
Jakarta -

Teenage Mutant Ninja Turtles #1 menjadi komik langka dan dicari oleh para kolektor. Terbitan perdana dari waralaba legendaris yang diciptakan oleh Kevin Eastman dan Peter Laird muncul perdana pada 1984 dan cetakan ketiga menyusul 8 bulan berikutnya.

Kini salinan lembaran komik dari edisi pertama dilelang senilai Rp 3,5 miliar. Komik langka yang mendapat predikat CGC 9,8 itu diketahui ada delapan versi.

Tiga versi pertama memiliki sampul dan format yang sama. Cetakan komik langka itu pun dicari-cari oleh kolektor komik.

Menurut Mirage Group, cetakan pertama dan kedua tengah diburu oleh kolektor. Peter Laird dari rumah lelang mengatakan ketika komiknya terbit di tahun 1985 langsung mencetak rekor.

"Buku komik yang kami takutkan akan duduk di sekitar ruang tamu dalam kotak-kotak yang sekarang dijual. Tapi percayalah, ketika Teenage Mutant Ninja Turtles terbit pertama kalinya, benar-benar mengejutkan kami," kata Peter Laird.

Komik Conan the Barbarian #1 yang terbit pada 1970 dan diciptakan oleh Roy Thomas dan Barry Windsor-Smith telah lama dianggap sebagai salah satu kunci termahal di era tersebut.

"Ketika pelelangan komik Conan the Barbarian edisi 1970, harga Ninja Turles #1 kini lebih mahal, hal itu yang membuat kami bertanya-tanya tentang kualitasnya dan memastikan komik ini dijual dalam harga terbaik," sambungnya.

Komik Teenage Mutant Ninja Turtles #1 sebelumnya pernah dibicarakan karena fenomena harga instan sehingga seseorang memproduksi salinan palsu. Oknum tersebut ingin mengambil keuntungan dari pasar dalam tahun pertama.

Gara-gara kasus tersebut, cetakan kedua dan ketiga dari edisi Ninja Turtles pun diberikan label di bagian kiri atas sampul bagian dalam. Kolektor pun menjadi tahu mana lembaran komik langka yang asli dan diduga palsu.



Simak Video "Nirina Zubir Ungkap Nilai Parenting yang Bisa Diambil dari 'Keluarga Cemara 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)