Wow! Potongan Terkecil dari Sejarah Superman Laku Rp 101 Juta

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 27 Mar 2022 18:32 WIB
superman
Wow! Potongan Terkecil dari Sejarah Superman Laku Rp 101 Juta. (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Halaman komik langka yang diterbitkan Marvel maupun DC Comics sampai sekarang tetap diburu kolektor. Tapi bagaimana kalau, salinan yang dijual bukan berbentuk satu halaman namun hanya potongan kecil saja?

Hal itulah yang terjadi dalam komik Action Comics #1 yang menjadi debut dari Superman. Hal yang dijual bukan halaman, tapi potongan terkecil yang menjual angka bertuliskan 'No.1' saja.

Bagian terkecil yang mengungkapkan debut penampilan Superman itu menjadi pembicaraan para pencinta komik. Seorang penggemar Superman menawar potongan terkecil itu dan laku senilai Rp 101 juta. Wah!

Action Comics #1 diterbitkan pada 1938 oleh National Allied Publications dan merupakan antologi yang menampilkan penampilan pertama Superman dalam sebuah cerita oleh pencipta Jerry Siegel dan Joe Schuster.

Dianggap sebagai salah satu komik superhero pertama, buku itu langsung laris terjual sebanyak 200 ribu eksemplar.

Dalam beberapa dekade setelahnya, Superman menjadi ikon budaya. Komik itu pun seakan menjadi cawan suci bagi kolektor komik dengan beberapa membayar setinggi beberapa juta dolar untuk edisi aslinya.

Dengan beberapa salinan Action Comics #1 yang tersisa, fans rela memiliki komik langka tersebut.

Perusahaan Jaminan Bersertifikat baru-baru ini membahas lelang yang diadakan di ComicConnect yang menjual 'No. 1' kotak dari sampul Action Comics seharga lebih dari USD 7.000 atau sekitar Rp 101 juta.

CGC juga mencatat bahwa halaman ketujuh untuk Action Comics #1 dilelang dan juga menghasilkan beberapa ribu dolar. Sekarang bukan masalah lengkap saja hingga laku terjual, tapi pencinta DC Comics memburu berbagai hal peninggalan superheronya yang juga berharga.

Kolektor telah membayar jutaan dolar untuk penampilan pertama pahlawan Marvel dan DC. Pasar itu pun memiliki komik yang sangat didambakan menjadi lebih kompetitif, penggemar bersedia membayar mahal untuk apapun.

(tia/mau)