ADVERTISEMENT

Art Jakarta Gardens 2022, Rupa-rupa Seni Patung hingga NFT

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 08 Apr 2022 07:30 WIB
Art Jakarta Gardens 2022 Digelar 9-14 April 2022 di Hutan Kota by Plataran
Art Jakarta Gardens digelar di Hutan Kota by Plataran, kawasan GBK, Jakarta Pusat. Foto: Tia Agnes/ detikcom

Patung lainnya yang menarik perhatian adalah milik Jompet Kuswidananto. Tak ingin menampilkan karya megah dalam sebuah art fair, karya seni instalasi perupa asal Yogyakarta itu justru memunculkan pertentangan antara simbol rumah kumuh (melalui material seng) dan piano yang ada di dalamnya.

"Karya-karya Jompet jarang berada di outdoor. Ini pertama kalinya ditaruh di luar ruang. Jompet selalu berbicara tentang pertentangan antara perkumuhan kumuh dan piano yang rusak. Antara kemapanan dan traumatik," kata Exhibition Manager ISA Art and Design, Miranti Dian S.

Daya Beli Seni Rupa Makin Tinggi

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo, mengatakan hadirnya Art Jakarta Gardens dapat meningkatkan apresiasi dan konsumsi seni rupa di tengah masa depan.

"Kita harapkan konsumsi seni rupa meningkat. Secara global sudah meningkat lebih tinggi ketimbang pandemi. Jadi Indonesia diharapkan dapat terus meningkat dengan event seperti Art Jakarta Gardens 2022," katanya saat pembukaan.

Art Jakarta Gardens 2022 Digelar 9-14 April 2022 di Hutan Kota by PlataranArt Jakarta Gardens 2022 Digelar 9-14 April 2022 di Hutan Kota by Plataran Foto: Tia Agnes/ detikcom

Dia menyebutkan data terbaru dari Art Basel & UBS Global Art Market Report, kenaikan pasar seni rupa di tahun 2021 mencapai 29 persen ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Dari data Sotheby's juga disebutkan global transaski karya seni mencapai 65,1 miliar Dollar AS.

Art Jakarta Gardens bakal dibuka untuk publik mulai 9 April 2022 mulai pukul 13.00 sampai 21.00 WIB, kecuali akhir pekan bakal dibuka lebih lama mulai pukul 11.00 WIB. Tiketnya dibanderol seharga Rp 150 ribu.



Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT