Art Jakarta Gardens Beri Ruang pada Seni Patung Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Mar 2022 19:36 WIB
Art Jakarta Gardens 2022
Media gathering Art Jakarta Gardens 2022 di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta Pusat.Foto: Istimewa
Jakarta -

Art Jakarta tampil berbeda tahun ini. Pada 7 April, gelaran Art Jakarta Gardens diselenggarakan pertama kalinya di Hutan Kota by Plataran, kawasan GBK, Jakarta Pusat, selama sepekan.

Bagi penikmat seni, Art Jakarta Gardens bukan sekadar oase di tengah situasi pandemi yang tak menentu. Art Jakarta Gardens hadir dalam dua tenda besar yang memajang karya para seniman dari 20 galeri seni Tanah Air dan mancanegara.

Di sekitar kawasan Hutan Kota Plataran, sekitar 40 karya seni patung bakal dipamerkan. Patung-patung tersebut dipajang di beberapa titik taman kota.

Artistic Director Art Jakarta, Enin Supriyanto, mengatakan biasanya di penyelenggaran art fair, karya seni instalasi, patung, maupun karya trimatra kurang mendapatkan apresiasi. Tapi kini pihaknya punya konsep yang berbeda.

"Kami menyiapkan platform yang didukung khusus bagi pematung Indonesia atau karya seni yang sifatnya trimatra. Jumlah kreatornya ada banyak di Indonesia," katanya saat media gathering di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta Pusat.

Art Jakarta Gardens 2022Art Jakarta Gardens 2022 Foto: Istimewa

Untuk pertama kalinya, Art Jakarta Gardens digelar di Indonesia dan secara khusus menampilkan karya tiga dimensi. Pihaknya memberikan karya seni patung sebagai ruang khusus.

"Ini adlaah cara baik untuk memamerkan karya seni patung agar memahami karya trimatra dilibatkan dalam penataan ruang publik. Ini adalah salah satu pendekatan baru dari kami," sambung Enin.

Salah satu karya seni patung yang dipamerkan adalah karya Taylor Kuffner, Dolorosa Sinaga, Jompet Kuswidananto sampai Iwan Swastika.

"Karya-karya patung ini akan dipamerkan di penjuru titik taman di Hutan Kota by Plataran," kata Enin.

Selain 20 galeri seni yang memajang karya di tenda A dan B, ada program terbuka bagi publik yakni lokakarya, workshop, sampai program bagi anak-anak.

Art Jakarta Gardens juga menampilkan puluhan patung. Ada juga pameran NFT hasil koleksi enam kolektor Tanah Air.

Art Jakarta Gardens 2022 dibuka pada 7-8 April khusus untuk undangan. Lalu 9-10 April pukul 11.00 - 21.00 WIB, dilanjutkan esok hari sampai 14 April pukul 13.00 - 21.00 WIB.



Simak Video "ART Jakarta 2019 Digelar, Kemendikbud Berharap Ada Market yang Terbangun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)