ADVERTISEMENT

Sentuhan Seni di Sirkuit International Mandalika

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 20 Mar 2022 10:20 WIB
Stereoflow
Foto: (Dok. Stereoflow)
Jakarta -

Event balap motor dunia MotoGP Mandalika 2022 segera berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kemeriahan jelang gelaran akbar itu sudah terasa sejak awal tahun ini.

Kesiapan dari segi pariwisata, tempat penginapan sampai sisi seni juga disiapkan. Garduhouse, kolektif seni jalanan dan street art asal Jakarta juga berpartisipasi memeriahkan event MotoGP 2022.

Lewat akun Instagram resminya, Garduhouse menceritakan dihubungi oleh Pertamina pada Februari lalu untuk proyek mural di bagian terowongan Sirkuit International Mandalika.

"Di bulan Febuari lalu, @pertamina menghubungi @garduhouse untuk sebuah project yang sangat menarik. Dua terowongan yang ada di Pertamina Mandalika International Street Circuit ingin diberikan sentuhan seni, agar dapat memberikan experience berbeda bagi pengunjung sirkuit," tulis @garduhouse seperti dilihat detikcom.

Gayung bersambut, Garduhouse bersama tim Mahavisual pun membuat konsep yang terbaik bagi dua terowongan yang ada di lokasi sirkuit. Di bagian terowongan utara, ada mural ciptaan Darbotz dan Stereoflow yang 'dijodohkan'.

[Gambas:Instagram]

"Di North Tunnel, @darbotz dan @stereoflow_id dijodohkan agar kedua signature style mereka saling bertarung sampai ke sisi atap terowongan. Energy, speed, dan creativity menjadi hal-hal yang berusaha digambarkan melalui mural kolaborasi keduanya," tulis Garduhouse.

Di bagian terowongan selatan, Garduhouse menggandeng Paerstud sebagai studio desain seni visual terbaik di Lombok. Mereka mengilustrasikan berbagai cerita rakyat dan khas yang ada di Mandalika.

Demi selesainya proyek seni tersebut, ada 50 orang yang terlibat dan membutuhkan waktu selama 14 hari lamanya.

"Kalau one day lo ke Mandalika, don't forget to visit these amazing tunnels. Capture your moments and feel the experience yourself!" tulis Garduhouse.

Dalam mural yang dibuat oleh Darbotz dan Stereoflow memperlihatkan ciri khas karya keduanya. Di bagian mural lainnya, sosok Putri Mandalika yang menjadi cerita rakyat di Lombok terlihat dalam mural yang dibuat oleh Paerstud.

Pertamina Grand Prix of Indonesia tinggal menyisakan sesi pamungkas di hari Minggu (20/3) besok. Para rider kelas utama MotoGP akan bersaing menjadi kampiun seri kedua MotoGP 2022 ini yang bakal tayang live di Trans7 pukul 14.00 WIB.



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT