ROH Buka Ruang Pamer Baru, Pajang Karya 16 Seniman Indonesia

ADVERTISEMENT

ROH Buka Ruang Pamer Baru, Pajang Karya 16 Seniman Indonesia

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 01 Apr 2022 16:40 WIB
Ruang Pamer Terbaru ROH di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat.
ROH buka ruang pamer terbaru di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat. Foto: Courtesy of ROH
Jakarta -

Galeri seni asal Jakarta bernama ROH membuka ruang pamer baru di lokasi yang berada di Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat. Di ruang tersebut, ROH menampilkan pameran perdana karya 16 seniman Indonesia.

Selama pandemi, ROH bekerja sebagai galeri seni secara nomaden karena tidak memiliki ruang permanen. Bekerja sama dengan prinsipal arsitek Barry Beagen, ruang ini dibangun selama tiga tahun terakhir dengan membuka dua ruang pamer utama yang mempertahankan arsitektur dari gedung yang dibuat pada 1950-an.

Pendiri ROH, Jun Tirtadji, mengaku bersyukur dengan dibukanya ruang pamer terbaru.

"Kami sampai di titik ini lewat berbagai cara. Kami tidak sabar untuk dapat bergerak bersama komunitas seni di Indonesia dan internasional di tahun-tahun mendatang," kata Jun Tirtadji dalam keterangan yang diterima detikcom.

Selama tiga tahun terakhir, ROH bereksperimen bersama seniman-seniman untuk menjelajahi estetika mereka. Dengan membuat pameran seni di gedung terbengkalai, alam terbaru sampai di lingkungan rumah seniman.

Kini, ROH memiliki dua ruang galeri utama. Ruang pertama adalah Gallery Apple yang berbentuk netral kubus putih atau white cube dengan pencahayaan terkontral.

Satu ruangan lagi adalah Gallery Orange yang bersifat lebih ekspansif dengan langit-langit tinggi yang punya sklight. Tembok di sekelilingnya menyisakan konstruksi awal dari bangunan.

"Kami menyisakan bagian-bagian rumah lama yang aslinya dipertahankan seperti tangga putar dan lantai dengan ubin gaya jengki," kata Jun Tirtadji.

ROH berdiri sejak 2012 dan sukses menjadi galeri seni berpengaruh di perkembangan seni rupa kontemporer Indonesia dan kawasan Asia Pasifik.

Melalui pameran seni pertamanya, 16 seniman berpartisipasi meramaikan ruang pamer terbaru. Mereka adalah Aditya Novali, Arin Dwihartanto Sunaryo, Bagus Pandega, Davy Linggar, Faisal Habibi, Kei Imazu, Luqi Lukman, Maruto, Mei Homma, Mella Jaarsma, Nadira Julia, Nadya Jiwa, Syagini Ratna Wulan, Syaiful Aulia Garibaldi, Tromarama, dan Uji 'Hahan' Handoko.

Pameran perdana ROH bisa disambangi pencinta seni mulai 5 April 2022 pukul 11.00 sampai 18.00 WIB.



Simak Video "Keren! 3 Seniman Video Mapping Indonesia Lolos Tokyo Light Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT