Museum MACAN Buka Lagi Instalasi Hits Yayoi Kusama, Siap Datang?

ADVERTISEMENT

Museum MACAN Buka Lagi Instalasi Hits Yayoi Kusama, Siap Datang?

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 27 Mar 2022 12:04 WIB
museum macan
Museum MACAN Buka Lagi Instalasi Hits Yayoi Kusama, Siap Datang? (Foto: dokumen pribadi)
Jakarta -

Museum MACAN Jakarta mengumumkan membuka lagi salah satu karya seni instalasi ciptaan Yayoi Kusama yang hits dan digemari pencinta seni Tanah Air. Setelah ditutup selama dua tahun karena pandemi COVID-19 tak berkesudahan, instalasi itu pun dibuka untuk publik mulai 26 Maret 2022.

Karya seni instalasi perupa ternama asal Jepang itu berjudul Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls (2014). Dalam keterangannya, seri Infinity Mirrored Room dimulai pada 1965 atau beberapa tahun setelah sang seniman pindah dari Tokyo ke New York di tahun 1957.

Nama 'Infinity' atau keadaan yang tak terbatas adalah konsep kunci dalam berbagai karya Yayoi Kusama. Di kota New York, karya-karyanya muncul penuh kontroversial dan eksperimental dalam bentuk seni performans, film, patung maupun lukisan.

Karya Yayoi Kusama mencerminkan semangat masa itu, yakni menentang masyarakat yang konservatif melalui kemerdekaan seksual. Sejak 1965, lebih dari 20 versi lain dari karya seni instalasi ini telah tercipta dan dipamerkan di seluruh dunia.

"Karya ini dipamerkan pertama kali di Indonesia di Museum MACAN pada 2017 dan selalu disambut dengan antusiasme pengunjung," tulis keterangan Museum MACAN.

Di dalam Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls, pengunjung disajikan dengan sebuah pengalaman. Di dalamnya ada bentuk hubungan antara bentuk dan ruang, batin dan dunia luar, seolah melebur menjadi satu.

Untuk menikmati karya seni instalasi Yayoi Kusama, pengunjung harus mengikuti aturan prokes yang berlaku khusus. Di antaranya sebagai berikut:

1. Pengunjung diharapkan mengikuti antrean yang telah disediakan;

2. Memasuki karya instalasi secara bergantian, di mana jumlah maksimum di dalam instalasi adalah dua orang dewasa atau dua orang dewasa dan satu anak. Untuk rombongan yang lebih besar, diharapkan masuk secara bergantian;

3. Untuk pengguna kursi roda, dapat mengikuti arahan petugas museum;

4. Mematuhi batas waktu di dalam karya yang diberikan oleh petugas museum;

5. Anak-anak harus selalu didampingi orang tua;

6. Stroller anak tidak diperkenankan untuk dibawa masuk ke dalam instalasi. Diimbau bagi anak-anak agar dapat digendong oleh orang tua/pendamping selama berada di dalam area instalasi;

7. Pengunjung hanya boleh berdiri di area yang sudah ditentukan;

8. Dilarang menyentuh cermin dan bola lampu;

9. Demi kenyamanan dan kesehatan bersama, pengunjung wajib untuk tetap mengenakan masker selama berada di dalam instalasi, termasuk ketika mengambil foto.

[Gambas:Instagram]



(tia/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT