Museum MACAN Tetap Buka saat Jakarta PPKM Level 3

ADVERTISEMENT

Museum MACAN Tetap Buka saat Jakarta PPKM Level 3

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 10 Feb 2022 14:38 WIB
Museum MACAN Buka Lagi, Siap Lihat Karya Seni Kontemporer?
Foto: Courtesy Museum MACAN
Jakarta -

Kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Depok memasuki PPKM level 3 pekan ini. Pengumuman itu membuat sejumlah kegiatan dan tempat wisata kembali dibatasi.

Museum MACAN yang berada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tetap buka saat Ibu Kota memasuki PPKM level 3. Kondisi level 3 seiring dengan meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron di Indonesia.

Pada 8 sampai 14 Februari 2022, Museum MACAN tetap buka dengan kapasitas pengunjung sebanyak 25 persen. Kabar itu dibagikan melalui media sosial Museum MACAN kepada penikmat seni.

"Museum MACAN tetap buka dengan kapasitas 25% pengunjung. Harap pesan tiket secara daring melalui situs dan mitra tiket kami," tulis Museum MACAN, seperti dilihat detikcom.

Bagi pengunjung anak-anak di bawah 12 tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi dengan minimal satu kali dosis. Serta wajib didampingi oleh orang tua maupun wali.

Sedangkan aturan khusus bagi anak-anak atau balita yang belum divaksin tidak dapat berkunjung ke Museum MACAN selama Jakarta PPKM level 3. Pihak museum menegaskan hanya kepada pengunjung dengan kategori hijau yang boleh berkunjung.

Aturan itu sesuai dengan Inmendagri PPKM terbaru yang memasuki level 3. Tak hanya kegiatan pembelajaran tatap muka maupun sektor non esensial yang diberlakukan maksimal 25 persen WFO, tapi juga bagi acara seni dan budaya.

"Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) dapat dibuka/dilakukan dengan kapasitas maksimal 25%," tulis Inmendagri PPKM level 3.

Saat ini ada dua pameran yang diselenggarakan di Museum MACAN yakni The Lost Jungle atau Hutan yang Hilang karya dari kolektif Tromarama. Pameran yang berada di ruang seni anak komisi UOB itu menampilkan karya seni instalasi multimedia interaktif yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Di sini, pengunjung dapat merasakan simulasi langsung hutan virtual dan masuk ke situs web The Lost Jungle berisi makhluk baru menggunakan motif, bentuk, dan warna yang terinspirasi dari hewan-hewan yang terancam punah.

Pameran kedua adalah Present Continous/ Sekarang Seterusnya dari 15 Januari sampai 15 Mei 2022 yang bekerja sama dengan empat kurator Indonesia. Mereka adalah yaitu LOKA (Banda Aceh), Indeks (Bandung), Makassar Biennale (Makassar), Biennale Jogja (Yogyakarta), dan Jatiwangi art Factory (Majalengka).



Simak Video "Museum Macan, Mengenang Masa Kecil Dengan Permainan Tradisional Masa Lalu, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT