Penata Suara Teater Anton Gendel Meninggal Dunia

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Mar 2022 17:45 WIB
Penata Suara Teater Anton Gendel Meninggal Dunia
Penata suara teater Anton Gendel meninggal dunia. Foto: Agus Noor/ Instagram
Jakarta -

Dunia teater Tanah Air tengah berkabung kehilangan satu pegiat kreatifnya. Penata suara Anton Gendel yang kerap menangani berbagai pentas musik dan pertunjukan teater dikabarkan meninggal dunia.

Pria kelahiran 15 September 1979 itu meninggal pukul 00.04 WITA pada 16 Maret 2022. Dia tutup usia di RS Pupuk Kaltim (RSPKT) Bontang, Kalimantan Timur.

Kabar duka itu dibagikan oleh budayawan sekaligus sutradara teater, Agus Noor, lewat akun Instagram pribadinya.

"Di Bontang, Gendel sedang menyiapkan tata suara untuk pementasan "Tabib Suci", bersama kawan-kawan Indonesia Kita," tulis Agus Noor, seperti dilihat detikcom.

Usai menyiapkan pertunjukan, ia terlihat lelah lalu diantar ke rumah sakit. Ternyata, sang seniman sudah lama mengidap gagal ginjal.

"Dan itu selalu disembunyikannya, ia tidak pernah mengeluhkan gagal ganjilnya pada teman-teman," katanya.

Sebagai penata suara, Anton Gendel selalu menangani pentas dan album Kua Etnika dan Sinten Remen. Ia juga selalu menggarap pentas Teater Gandrik dan Indonesia.

Beberapa pementasan lainnya yang ia garap tata suaranya adalah Perempuan-perempuan Chairil dan Cinta tak Pernah Sederhana produksi Titimangsa Foundation. Pertunjukan Maha Cinta Rahwana, Dongeng Cinta Ceuk Aing bersama Sujiwo Tejo.

Agus Noor menyebut kiprah Anton Gendel dalam menggarap seni pertunjukan terbilang handal. Dia membuat metafora 'tanpa dengung' sebagai salah satu kemampuannya.

Rencananya, pertunjukan teater Tabib Suci akan pentas di Bontang pada 17 Maret 2022. Ia meninggal sehari sebelum pementasan berlangsung.

"Selamat jalan. Kamu mati syahid sebagai pejuang panggung, kawan," ungkapnya.

Di kolom komentar, seniman dan rekan sesamanya mengucapkan ucapan duka. Happy Salma juga berduka dengan kepergian Anton Gendel.

"Mas agus aku sedih sekali, dan kehilangan dengan berita duka iji. Mas gendel baik yang sangat luar biasa bisa di andal kan. Masih ingat terbayang wajahnya dalam hiruk pikuk panggung. Selamat jalan... tempat terbaik untuk mu mas gendel," kata Happy Salma.

"Berduka cita yang dalam atas kepergian Mas Gendel. Ini kepulangan yang banyak memberi arti setelah pengembaraan yang jauh bersama teater. Semoga pementasan #TabibSuci di Bontang berjalan lancar dan sukses @agusnoor_ dan Mas @masbutet. Amin. Tuhan memberkati," kata budayawan Putu Fajar Arcana.

"Turut berduka cita sedalamnya," timpal Ayushita.

"Selamat jalan sound engineer terbaik," balas Endah Laras.



Simak Video "Pengalaman Pertama Julie Estelle Main Teater Live"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)