Ada-ada Saja! Satpam Galeri Rusak Lukisan Avant-Garde dengan Gambar Mata

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Feb 2022 13:25 WIB
Lukisan Three Figures karya Anna Leporskaya Dirusak
Lukisan avant-garde karya Anna Leporskaya dirusak oleh satpam galeri tersebut. Foto: Istimewa
Jakarta -

Ada-ada saja tingkah seorang satpam sebuah galeri seni yang sama sekali tidak tahu tentang dunia para seniman. Seorang satpam galeri seni di Rusia dituduh melakukan aksi vandalisme di sebuah lukisan era Soviet.

Aksinya itu dilakukan saat hari pertama kerja. Tingkahnya ketahuan saat dua orang pengunjung melihat ada gambar mata yang dibuat dengan pulpen pada lukisan Three Figures karya Anna Leporskaya.

Padahal lukisan bergaya avant-garde itu menampilkan tiga figur abstrak. Figur itu sengaja dibuat tanpa mata.

Setelah ditelusuri dari kamera pengawas keamanan, ternyata satpam tersebut yang menggambar titik seperti mata dengan pulpen. Satpamnya kini sudah dipecat.

Direktur Eksekutif Pusat Yeltsin, Alexander Drozdov mengatakan penjaga keamanan itu dipekerjakan oleh sebuah organisasi keamanan swasta. Aksi vandal juga dilakukan saat hari pertama penjaga keamanan itu bekerja.

"Motifnya masih belum diketahui tapi pemerintah yakin itu semacam penyimpangan kewarasan," katanya.

Dia menambahkan bahwa satpamnya menggambar mata ke lukisan itu dengan salah satu pena bermerek Yeltsin Center. Pulpen itu juga bisa menembus lapisan cat.

Untungnya, penjaga keamanan itu tidak memberikan tekanan kuat pada kanvas dengan pena yang membuat lukisan semakin rusak parah. Cerita ini menjadi heboh karena baru pertama kalinya terjadi di Rusia.

Kerusakan pertama kali dilaporkan ke polisi pada 20 Desember, namun Kementerian Dalam Negeri Rusia awalnya menolak untuk memulai penyelidikan kriminal karena kerusakan itu dianggap 'tidak sesuai'.

Tapi Kementerian Kebudayaan melaporkan ke kantor kejaksaan tentang keputusan tersebut. Kini polisi pun sudah membuka penyelidikan.

Jika terbukti bersalah, penjaga keamanan yang dicurigai melakukan kejahatan bisa menghadapi denda dan penjara hingga tiga bulan.

Seniman Anna Leporskaya adalah murid seniman terkenal Kazimir Malevich, yang mengembangkan gerakan avant-garde. Gerakan itu menggemparkan dunia seni pada 1920-an.

Leporskaya menjadi terkenal karena merancang bangunan dan melukis. Karyanya dapat ditemukan di berbagai museum di seluruh Rusia.



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)