Jason Ranti Pamerkan Karya Seni di Yogyakarta

ADVERTISEMENT

Jason Ranti Pamerkan Karya Seni di Yogyakarta

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 09 Feb 2022 19:44 WIB
Jason Ranti di kantor detikcom.
Jason Ranti menggelar pameran tunggal di Ruang MES56 Yogyakarta. Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Jason Ranti tak hanya dikenal sebagai musisi yang kerap menyentil masyarakat lewat lirik-liriknya lagu. Kecintaan pria yang akrab disapa Jeje terhadap musik, sastra, dan seni rupa menjadi sebuah kesatuan yang utuh.

Di awal 2022, Jason Ranti memamerkan karya seni yang diciptakannya di Ruang MES56, Jalan Mangkuyudan Nomor 53A, Yogyakarta. Eksibisi dibuka pada 7 sampai 21 Februari 2022.

Sebelum menggelar pameran tunggal, Jason Ranti diketahui menjadi seniman residensi di ruang kolektif tersebut. Ruang MES56 adalah kolektif seniman yang bekerja secara koorperatif bersama komunitas dan jejaringnya sebuah rumah yang digunakan sebagai studio kerja.

Ruang MES56 dibentuk sejak 2002 dan kerap memamerkan karya para seniman muda dengan lintas disiplin sekaligus seniman residensi di lokasi tersebut.

Pameran tunggal Jason Ranti yang berjudul Welcome itu dibagikan Ruang MES56 melalui media sosialnya.

"Setelah sering dituduh sebagai seorang musisi, kini Prof. Dr. Jason Ranti., S.Hoax membawa obsesi lain di orbit parallel hidupnya yaitu orbit seni rupa," tulis Ruang MES56, seperti dilihat detikcom.

Aktivitas bermusik dan menggambar telah ditekuni sejak kecil. Jason Ranti kerap membingkainya dengan corak yang hampir sama, yakni liar, nyeleneh, dan humoris namun tajam serta penuh penghayatan.

Setelah berkarya di studionya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan, Jason Ranti melakukan residensi di Ruang MES56.

"Pameran ini bisa dikatakan sebagai presentasi catatan personal seorang pengelana kehidupan, yg menangkap dan meresapi pengalaman sebagai medan pengetahuan hidup. Dan dalam bilik studio residensinya, ia secara spesifik menangkap kilatan dan hembusan kehidupan di pendek ruang dan waktunya berdialog dengan teman-teman barunya di Ruang MES 56," tulis Ruang MES 56.

Dalam catatan kuratorialnya, Arlingga Hari Nugroho menuliskan pemilihan judul pameran Welcome merujuk pada frasa selamat datang ketika berkunjung ke suatu tempat.

"Kini adalah sebuah panduan untuk mengunjungi ruang kecil seni rupa Jason Ranti. Memasuki ruang kecil ini, maka secara tidak langsung kita sedang menyelami isi hati dan pikiran Jason Ranti," tulisnya.

Jason Ranti mengeksplorasi berbagai tema yang cukup luas dan dibagi ke dalam beberapa seni. Ada seri kitab suci, istri, catur, teman, dan sebagainya.

Setiap seri mewakili hubungan antara pikiran dan pengalaman terhadap suatu hal. Misalnya saja seri kitab Suci, Jason Ranti menampilkan teks-teks gugatan atas dan dengan jargon serta representasi agama dalam kitab suci yang dipahami.

Ada juga seri istri yang menampilkan kompleksitas keintiman dan hubungannya bersama sang istri. Seri catur adalah hubungannya dengan seperangkat papan catur yang sudah dimodifikasi.

Selain itu, ada juga seri teman yang merupakan bentuk reaksi kedekatannya dengan teman-teman di sekitarnya. Sisanya adalah ide-ide yang tertangkap pada rutinitas sehari-hari.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Momen Jason Ranti Doakan Korban Kanjuruhan di Synchronize"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT