Mahakarya Rembrandt Kini Bisa Dilihat Lebih Dekat di Depan Mata

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 05 Jan 2022 21:04 WIB
Lukisan The Night Watch Karya Rembrandt
Lukisan The Night Watch Karya Rembrandt. Foto: Istimewa
Jakarta -

Lukisan ikonik dan terbesar karya Rembrandt van Rijn yang berjudul The Night Watch kini bisa dilihat lebih dekat di depan layar laptop Anda.

Awal pekan ini, Amsterdam Rijksmuseum memasang portal digital yang disebut dengan 'foto paling detail dari karya seni apapun'. Mereka siap membuka koleksi-koleksi karyanya untuk dinilai oleh para ilmuwan dan pencinta seni.

"Langkah ini dibuat agar menarik minat pengunjung dan pencinta seni di seluruh dunia untuk menyambangi portal digital karena museum sedang ditutup karena pandemi COVID-19," ungkapnya.

Lukisan The Night Watch pun bisa terlihat dengan ukuran foto 717 gigapixel. Para pencinta seni bisa memperbesar gambar Kapten Frans Bannick Cocq dan melihat bagaimana lukisan abad ke-17 itu menempatkan titik-titik putih terkecil di matanya untuk menghidupkan karakter utama.

Karya Rembrandt tersebut juga memperlihatkan retakan kecil di bagian pupil karakter utama karena masalah waktu.

Lukisan aslinya merupakan kanvas berukuran 379,5 x 435,5 sentimeter dan setiap piksel mewakili 5 mikrometer atau 0,0005 milimeter persegi.

Selain memperlihatkan detial yang mempesona, foto itu juga membantu peneliti untuk memulihkan pekerjaan. Serta menilai proses penuaannya dari waktu ke waktu.

Sekarang mahakarya The Night Watch akan dipindahkan ke tandu kayunya dalam waktu dua minggu. Lalu ditempakan ke ruang galeri yang baru.

Lukisan minyak di atas kanvas itu menggambarkan sekelompok milisi sipil Amsterdam dan memamerkan penggunaan cahaya serta komposisi Rembrandt yang terkenal. Hasilnya adalah pemandangan dinamis yang penuh dengan karakter.

Sepanjang keberadannya, lukisan itu mengalami banyak restorasi. Pada 1975, lukisannya pernah ditempatkan di tandu kayu lalu diregangkan kembali.



Simak Video "Kisah di Balik Lukisan 'Berburu Celeng' Milik Seniman Djoko Pekik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)