Dibuka 9 Januari, Pameran Tunggal SketZamrud Digelar di Semarang

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 05 Jan 2022 18:51 WIB
Pameran Tunggal Sketsa Zamrud Setya Negara
Pameran tunggal Sketsa Zamrud digelar di Semarang pada 9-21 Januari 2022. Foto: Zamrud Setya Negara/ Instagram
Jakarta -

Mengawali 2022, pameran seni kembali bergeliat lagi di Tanah Air. Satu per satu lembaga kebudayaan maupun institusi seni menyelenggarakan pameran seni, salah satunya pameran sketsa karya Zamrud Setya Negara atau disingkat SketZamrud.

Pameran tunggal SketZamrud yang mengusung tema Oret-oret Sketsa Kini digelar di Tan Artspace, Semarang, pada 9-21 Januari 2022.

Eksibisi rencananya bakal dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Sinoeng Noegroho Rachmadi. Di acara pembukaan pada 9 Januari, juga dibarengi oleh penyerahan salah satu karya sketsa Tugu Lawet Kebumen.

Di pameran tunggal SketZamrud ada 18 sketsa pilihan bernuansa hitam putih dan berwarna tentang berbagai lokasi dan bangunan sepanjang dua tahun belakangan berkarya. Ini adalah pameran tunggal perdananya.

Zamrud Setya Negara menuturkan memilih kota Semarang sebagai lokasi pameran bukan tanpa sebab.

"Sebagai kreator komunitas sketsa KamiSketsa GalNas adalah adanya beberapa catatan dan alasan kuat yang melatarbelakangi dan mengiyakan untuk memantapkan menggelar pameran ini, salah satunya tentang kota Semarang," ungkapnya dalam keterangan yang diterima detikcom.

Hal terpenting lainnya adalah pemilihan Semarang dengan Tandhok Artspace dan Semarang Sketchwalk sebagai lokus dan host-nya adalah menarasikan kedekatan emosional dan kebersamaan sebuah keluarga besar sketsa Indonesia yang terjalin dengan sangat erat," katanya.

Menurut Zamrud, pameran ini bukan hanya menjadi kebanggaan tersendiri. Tapi juga menjadi pijakan langkah berikutnya untuk terus berkarya, mempresentasikan ide, proses, serta hasil olah kreatif dalam SketZamrud.

"Saya juga ingin menjadi bagian gerak tumbuh seni sketsa yang saat ini tidak saja mengalami "pembaruan" tetapi juga menyatakan 'pembauran' yang lebih dinamis", tutur Zamrud.

Pameran dibuka pada 9 Januari 2022 disertai artist talk pukul 18.30 WIB serta sketsa bersama di kawasan Kota Lama Semarang di 15 Januari 2022 pukul 07.00-11.00 WIB.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Melihat Proses Berkarya Seniman Gusmen Heriadi di Jogja Gallery"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)