Awal 2022, Yuk Jalan-jalan ke Museum MACAN hingga Jakarta Biennale!

Tia Agnes - detikHot
Senin, 03 Jan 2022 17:05 WIB
Pameran seni tertua dan terbesar di Indonesia Jakarta Biennale 2021 kembali menyapa para pencinta seni. Jakarta Biennale sempat tertunda selama 4 tahun lamanya.
Jakarta Biennale 2021 masih berlangsung hingga 21 Januari 2022 di dua lokasi, Museum Gajah dan Gedug STOVIA. Yuk, sambangi Jakarta Biennale!Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Tahun sudah berganti, 2022 resmi di depan mata. Awal pekan ini, siswa sampai mahasiswa resmi masuk dan belajar tatap muka dengan guru-gurunya di tengah PPKM yang berkelanjutan.

Di tengah situasi pandemi, berbagai acara seni dan budaya masih berlangsung. Tak ada kata tidak untuk kreativitas bagi para seniman.

Bagi para pencinta seni, tak ada salahnya untuk merumuskan agenda untuk jalan-jalan di awal tahun ini. Berikut rekomendasi agenda pameran seni, seperti dirangkum detikcom:

1. Jakarta Biennale (Museum Gajah dan Gedung STOVIA)

Setelah tertunda empat tahun lamanya, gelaran akbar Jakarta Biennale 2021 akhirnya digelar. Dibuka sejak 21 November 2021, Jakarta Biennale bakal berlangsung hingg 21 Januari 2022. Ada dua lokasi penyelenggaraan, ada di Museum Nasional Indonesia atau lebih dikenal dengan Museum Gajah.

Venue berikutnya di Museum Kebangkitan Nasional atau Gedung STOVIA, Jakarta Pusat.

Sekitar 38 seniman Indonesia dan internasional yang berpartisipasi, dalam kolaborasi dengan lebih dari 50 kolektif multi-disipliner, komunitas, dan penampil Indonesia - dari negara-negara termasuk Amerika Serikat, Cina dan Korea Selatan.

Di Jakarta Biennale, kamu bisa melibat berbagai karya seni mulai dari lukisan, seni patung, karya seni instalasi hingga karya interaktif sarat akan edukasi lainnya. Yuk, jalan-jalan ke Jakarta Biennale dan sebaiknya mendaftar dulu H-1 ya!

[Gambas:Instagram]



2. The Lost Jungle (Museum MACAN Jakarta)

Nah, bagi kamu yang kerap wara-wiri di pameran seni pastinya sudah hapal dengan lokasi Museum MACAN. Museum seni modern dan kontemporer yang berada di kawasal Kebon Jeruk, Jakarta Barat, menjadi salah satu destinasi yang wajib disambangi.

Bakal dibuka lagi mulai esok hingga Minggu, Museum MACAN kali ini memamerkan pameran seni interaktif The Lost Jungle ciptaan grup seni kolektif asal Bandung, Tromarama. Di sini kamu bisa bikin makhluk-makhluk imajiner yang bakal muncul dalam hutan buatan.

Ada juga koleksi-koleksi permanen Museum MACAN yang bisa dilihat dan ditelisik lebih lanjut. Jangan lupa mampir melihat lukisan-lukisan modern ciptaan S Sudjojono hingga Dullah di bagian depan museum ya!

Tiket kunjungan tersedia mulai Selasa (4/1/2021). Ada 3 slot yang tersedia yakni 10.00-12.00, 12.00-14.00, dan 14.00-16.00. Tiketnya dibanderol Rp 100 ribu (dewasa), pelajar/lansia (Rp 90 ribu), dan anak usia 3-12 tahun (Rp 80 ribu).

[Gambas:Instagram]



3. Pameran Tetap Koleksi Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia yang berada di seberang Stasiun Gambir juga menjadi rekomendasi tempat pameran seni nomor wahid di Ibu Kota. Mulai Rabu (5/1/2022), mereka bakal membuka ruang pamer bagi mereka yang ingin melihat koleksi tetap Galeri Nasional Indonesia.

Dibuka mulai pukul 09.00 sampai 15.25, ada 6 slot kunjungan dengan masing-masing 70 orang bagi yang mendaftar H-1 sebelum kunjungan di https://galnas-id.com/registrasi. Mendaftar dulu ya sebelum datang!

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Melihat Proses Berkarya Seniman Gusmen Heriadi di Jogja Gallery"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)