Buat Lukisan Wayang Bertema Rohani, Pelukis Asal Bantul Dapat Banyak Orderan

Pradito Rida Pertana - detikHot
Senin, 20 Des 2021 21:42 WIB
Suasana di studio lukis Petrus Herjaka di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Gunungkidul.
Foto: Pradito Rida Pertana/ detikcom
Bantul -

Seorang pelukis di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul memilih tema wayang kulit Purwo berbalut rohani untuk setiap karyanya. Alhasil, tema yang niatnya hanya untuk menebar kebaikan ini menjadi pintu rezeki selama pandemi COVID-19.

Adalah Petrus Herjaka (64), pria bersahaja ini menceritakan awal mula ketertarikannya akan wayang purwo hingga akhirnya melukis tema rohani dengan karakter wayang tersebut. Herjaka awalnya menempuh pendidikan di sekolah menengah seni rupa (SMSR) dan lulus tahun 1975.

Selanjutnya, Herjaka memilih untuk bekerja sembari berkarya dan mulai fokus kuliah di IKIP jurusan seni rupa pada tahun 1985. Sejak saat itu dia mulai fokus mengusung tema wayang purwo di setiap karyanya.

"Tahun 1974 mulai melukis dan tahun 1980 mulai mengusung tema wayang purwo. Alasannya? Rumah saya kan Mangkuyudan, itu dekat alkid (alun-alun kidul). Nah dulu di sasana hinggil sering ada wayangan dan saya sering diajak lihat sama orangtua hingga akhirnya tertarik," ucapnya saat ditemui detikcom di kediamannya, Kalurahan Pendowoharjo, Senin (20/12/2021).

Selain melukis wayang purwo, Herjaka juga menulis buku tentang wayang tersebut. Namun, tema tersebut mulai dia kombinasikan dengan tema rohani karena banyak yang memesan lukisan bertema rohani.

Suasana di studio lukis Petrus Herjaka di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Gunungkidul.Suasana di studio lukis Petrus Herjaka di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Gunungkidul. Foto: Pradito Rida Pertana/ detikcom

"Sebetulnya saya kan melukisnya wayang purwo, melukis tentang tema wayang purwo. Juga menulis buku tentang wayang purwo dan belajar tentang bentuk wayang kulit purwo menjadi sebuah lukisan," ucapnya.

"Tapi karena saya ingin melukis tentang tema yang lain, tema tentang kitab suci, saya mencoba melukis tentang kitab suci ternyata responnya bagus dan banyak yang memesan lukisan tentang kitab suci. Dari situ saya mulai melukis tentang tema rohani selain tema wayang purwo," lanjut Herjaka.

Terkait media lukisannya, Herjaka memilih kanvas dan cat minyak. Dia mengaku, hingga awal melukis hingga sekarang telah menorehkan ribuan karya.

"Dari awal itu ada 2748 lukisan yang saya buat, tapi hampir 90 persen itu (tema) wayang," ujarnya.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Ricuh! Saat Konvoi Gerakan Pemuda Ka'bah Ditilang Polisi dan Melawan"
[Gambas:Video 20detik]