5 Fakta Sosok Affandi, Hasilkan 2 ribu Lukisan hingga Gemar Melukis Selfie

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 10 Des 2021 11:50 WIB
Affandi gerhana
Maestro seni lukis Indonesia, Affandi. Foto: Bagus
Jakarta -

Nama pelukis asal Yogyakarta, Affandi Koesoema dikenal sebagai maestro seni lukis Indonesia. Seniman yang mendunia berkat gaya ekspresionisme dan romantisme itu punya gaya yang khas dalam setiap karya-karyanya.

Meninggal pada 23 Mei 1990 silam, nama Affandi juga diabadikan ke dalam sebuah museum yang ada di Yogyakarta dan menjadi destinasi wisatawan internasional.

Affandi tak hanya sekadar seniman Indonesia yang mempengaruhi generasi muda saja, namanya melampaui batas itu semua. Berikut 5 fakta sosok Affandi yang tak banyak diketahui publik, di antaranya:

1. Seniman Indonesia Pertama di Venice Art Biennale

Dalam sejarahnya, Venice Art Biennale merupakan pameran seni tertua yang digelar di Venesia, Italia. Venice Art Biennale juga menjadi ajang bagi seniman dunia untuk memajang karya-karyanya di pasar seni tersebut.

Affandi adalah seniman Indonesia pertama yang mengikuti Venice Art Biennale 1954. Kurator independen Enin Supriyanto menuturkan Affandi menampilkan 16 lukisan dan satu patung.

Di akhir dekade 1940 sampai 1950-an, Affandi bertualang keliling dunia untuk melukis dan memamerkan karya-karyanya, termasuk di benua Eropa. Lukisannya saat itu pun melejit di balai lelang.

2. Hasilkan 2.000 Lukisan

Sepanjang hidupnya, Affandi tidak pernah berhenti berkarya. Pria yang lahir di Cirebon pada 1907 silam, dikenal sebagai maestro seni lukis Indonesia bersama dengan deretan nama lainnya, yakni Hendra Gunawan, Dullah sampai S Sudjojono.

Affandi pun tutup usia di 23 Mei 1990 dan diketahui menghasilkan lebih dari 2.000 lukisan. Namanya dikenal sebagai pelukis paling produktif sepanjang masa. Kini, lukisan-lukisannya bisa dinikmati di Museum Affandi.

Menjaga Imaji Mahakarya Affandi dibuka pada 26 Oktober-25 November 2020Menjaga Imaji Mahakarya Affandi dibuka pada 26 Oktober-25 November 2020 Foto: Pradita Utama/ detikcom

3. Suka Melukis Selfie

Di antara ribuan lukisan Affandi yang pernah dibuatnya, para pencinta seni pastinya ngeh kalau sang maestro suka melukis potret. Khususnya potret selfie dirinya sendiri.

Jika kamu pernah berkunjung ke Museum Affandi yang berada di pinggir Sungai Wong, Yogyakarta, ada tema self portrait yang ditampilkan. Mengapa ia gemar melukis selfie?

Lukisan karya maestro seni IndonesiaLukisan karya maestro seni Indonesia Foto: Lukisan karya maestro seni Indonesia (Dok. Jababeka)

Jasmine Prasetio, country manager Indonesia dalam lukisan Asia Tenggara ketika ditemui detikcom di Art Stage Jakarta 2016 menceritakan penyebabnya.

"Affandi selalu melukis selfie dan mencari tahu apa ada yang salah dengan wajahnya. Salah satu passion-nya adalah dirinya sendiri dan itu yang membuatnya spesial. Affandi selalu menantang dirinya sendiri, ada goresan dan warna yang sengaja dibuatnya lebih darker," ujar Jasmine.

(Baca halaman berikutnya soal fakta Affandi)



Simak Video "Legenda Seni Lukis Srihadi Soedarsono Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]