Lukisan Megamendung Raden Saleh yang Laku Rp 36 M Dibeli Kolektor Inggris

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 05 Des 2021 10:06 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
Lukisan Megamendung Raden Saleh yang Laku Rp 36 M Dibeli Kolektor Inggris. (Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction)
Jakarta -

Satu lukisan lagi yang dibuat oleh pelukis Raden Saleh laku di balai lelang internasional. Lukisan A View of Mount Megamendung sukses terjual 2,2 juta euro atau sekitar Rp 36 miliar di Prancis pada 2 Desember 2021.

Pelelangan lukisan Raden Saleh berlangsung pada 2 Desember 2021 di Drout Paris oleh rumah lelang Daguerre bekerja sama dengan Jack-Phillipe Ruellan, serta melibatkan pakar seni lukis kuno, Cabinet Turquin.

Siapakah kolektor pembeli lukisan langka Raden Saleh yang dibuat pada tahun 1861 silam?

Perwakilan rumah lelang Jack-Phillipe Ruellan dari kota Vannes, Prancis, Delphine Kahl, secara eksklusif kepada detikcom mengungkapkan hal tersebut. "Pembeli terakhir adalah kolektor pribadi dari galeri seni di Inggris," ungkapnya.

Selama proses pelelangan yang terjadi pada 2 Desember, Delphine Kahl menjelaskan ada banyak penawar yang hadir. Salah satunya berasal dari Museum Pasifika Bali.

"Museum Pasifika Bali menjadi salah satu penawarnya. Untuk mengingatkan kembali, Museum Pasifika juga menjadi salah satu penawar pada lukisan Benteng Hunt di tahun 2018 dan juga penawar terakhir atau pembeli untuk lukisan potret Pushkin di 2019," kata Delphine Kahl.

Sebelum lelang berlangsung pula, Jack-Phillipe Ruellan secara khusus telah bertemu dengan kolektor-kolektor seni asal Asia di Singapura. Dia juga bertemu dengan pemilik museum untuk mempresentasikan lukisan langka Raden Saleh.

"Dari catatan itu, dia telah menjaga hubungan yang sangat baik dengan kolektor dan kurator," tegasnya.

Lukisan A View of Mount Megamendung diprediksi harga awalnya ditaksir senilai Rp 16,5 sampai Rp 24,8 miliar. Sejak kabar pelelangan beredar, ahli spesialis Raden Saleh, Marie-Odette Scalliet, telah membenarkan keaslian karya tersebut.

Lukisannya pun dibuktikan dengan tanda tangan asli oleh Raden Saleh, diberi tanggal, dan diberi tulisan di bagian kanan bawah berwarna merah dengan tulisan Raden Saleh F/ Java 1861.

"Spesialis karya-karya Raden Saleh (Marie-Odette Scalliet) tahu sebagian besar para penawar, juga sangat senang dengan harga yang dicapai. Dia melihat itu sebagai harga terbaik yang dicapai untuk A View of Mount Megamendung," tandasnya.

Saksikan juga: 'Perjuangan Niko, Pria Asal Jakarta Menjadi Insinyur Tesla'

[Gambas:Video 20detik]



(tia/mau)