3 Lukisan Raden Saleh yang Terjual Miliaran Rupiah

Tia Agnes - detikHot
Senin, 08 Nov 2021 13:04 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
3 lukisan Raden Saleh yang terjual miliaran rupiah, seperti dirangkum detikcom: Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction
Jakarta -

Nama Raden Saleh selalu menarik ditelisik lebih lanjut dalam dunia seni, khususnya ketika lukisannya masuk ke dalam balai lelang internasional. Lukisan Raden Saleh juga disebut sebagai harta karun berharga.

Selama ini, setiap kali lukisan Raden Saleh masuk ke balai lelang internasional dan dilelang, angkanya pun mencapai miliaran rupiah. Pada 2 Desember 2021, lukisan A View of Mount Megamendung bakal dilelang senilai Rp 24,8 miliar di Paris.

Lukisan itu disebut sebagai seri pertama dari penggambaran kawasan Megamendung, Puncak, Jawa Barat, dari seri dengan pemandangan serupa yang dibuat oleh Raden Saleh. Bahkan ukurannya juga lebih besar ketimbang lukisan lainnya.

Berikut 3 lukisan Raden Saleh yang sukses terjual miliaran rupiah, seperti dirangkum redaksi detikHOT:

1. Lukisan Potret Penyair Pushkin

Lukisan langka karya Raden Syarif Bastaman Saleh atau akrab disapa Raden Saleh yang menggambarkan potret penyair Rusia Alexander Pushkin sukses terjual dengan harga ketok palu senilai Rp 2 miliar. Pelelangan berlangsung di rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan, Vannes, Prancis, pada Februari 2019.

Lukisan Langka Raden Saleh dari Tahun 1841 akan Dilelang di PrancisLukisan Langka Raden Saleh dari Tahun 1841 akan Dilelang di Prancis Foto: Jack-Phillippe Ruellan/ istimewa

Perwakilan balai lelang, Delphine Kahl, mengatakan potret Alexander Pushkin benar-benar berbeda ketimbang lukisan Perburuan Banteng yang laku terjual hampir 150 miliar.

"Potret Alexander Pushkin benar-benar berbeda dari lukisan 'Perburuan Banteng' yang besar, sebabnya prediksi kami masuk akal dengan angka sekitar Rp 958 juta sampai Rp 1,3 miliar. Tapi harga ketok palu ditambah pajak menjadi Rp 2 miliar," ujar perwakilan balai lelang Delphine Kahl ketika diwawancarai detikcom, saat itu.

Lukisan berjudul 'Presumed Portrait of Alexander Pushkin' menggambarkan sosok pengarang asal Rusia, Alexander Sergeyevich Pushkin. Dia dianggap sebagai penyair terbesar di masanya sekaligus pendiri sastra Rusia modern.


2. Lukisan Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung

Lukisan langka dari seri Megamendung lainnya yang berjudul Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung terjual Rp 31 senilai. Pelelangan yang berlangsung di Balai Lelang Christie's Hong Kong pada November 2018 itu menjadi salah satu dari karya langka sang maestro.

Lukisan langka Raden Saleh 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' terjual Rp 31 miliar di Hong KongLukisan langka Raden Saleh 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' terjual Rp 31 miliar di Hong Kong Foto: Lusher Photography/ Christie's Asia

Baca halaman berikutnya soal lukisan langka Raden Saleh.



Simak Video "Polisi Gerebek Klinik Aborsi di Raden Saleh Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]