Grab it Fast! Lukisan Langka Raden Saleh Ini Dilelang Rp 24,8 M

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 17:03 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
Lukisan langka Raden Saleh berjudul A View of Megamendung akan dilelang di Paris pada 2 Desember 2021. Foto: Courtesy of Daguerre Auction House, Drouot Paris
Jakarta -

Lukisan langka ciptaan Raden Syarif Bastaman Saleh atau dikenal Raden Saleh yang berjudul A View of Mount Megamendung dilelang senilai Rp 24,8 miliar. Rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan yang berada di Vannes, bekerja sama dengan Daguerre Auction House, Drouot Paris, rencananya bakal melelangnya pada 2 Desember 2021 di Paris.

A View of Mount Megamendung berada di atas kanvas yang berukuran 134 x 165,5 sentimeter. Lukisan itu telah diidentifikasi asli oleh spesialis lukisan Raden Saleh yakni Marie-Odette Scalliet yang juga melakukan penelitian keabsahan dengan Jack-Phillippe Ruellan.

Lukisannya pun dibuktikan dengan tanda tangan asli oleh Raden Saleh, diberi tanggal, dan diberi tulisan di bagian kanan bawah berwarna merah dengan tulisan Raden Saleh F/ Java 1861.

"Kami tidak akan menjalankan pelelangan secara pribadi," ungkap perwakilan rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan, Delphine Kahl, dalam surel kepada detikcom, belum lama ini.

Tapi, lanjut dia, pihak rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan bertugas sebagai konsultan.

"Kami diminta sebagai konsultan untuk menghubungkan dengan kolektor Indonesia yang telah kami temui atau berhubungan dengan lukisan Banteng Hunt yang sebelumnya kami lelang," sambungnya.

Menurut Delphine Kahl, lukisan A View of Mount Megamendung merupakan sebuah toponim (bidang keilmuan linguistik yang membahas tentang asal-usul penamaan nama tempat, wilayah, atau bagian dari alam) yang menjadi tonggak sejarah dalam karya-karya Raden Saleh.

"Lukisan ini dilukis pada 1861, datang dari Timur ke Barat, penuh rasa semangat, dan aura sensitif dalam cahaya sore terlihat di iklim tropis," katanya.

Munculnya kembali lukisan A View of Mount Megamendung atau Pemandangan Megamendung, lanjut Delphine Kahl, memungkinkan kita untuk memahami lagi perlakuan seniman terhadap lanskap pemandangan di seluruh karyanya.

"Raden Saleh menggambar lanskap menunjukkan pengaruh abadi dari 23 tahun saat menghabiskan hidupnya di Eropa," sambung Delphine Kahl.

Setelah melalui riset dengan spesialis lukisan Raden Saleh, Delphine Kahl menegaskan karya tersebut asli. "Marie-Odette Scalliet menegaskan lukisan itu asli," katanya.

"Dia tahu tentang rangkaian seri Megamendung ini, dia tahu ada banyak versi dari lanskap pemandangan ini, tapi ini salah satu yang tidak diketahuinya sebelumnya," sambung Delphine Kahl.

Baca halaman berikutnya soal lukisan Raden Saleh.



Simak Video "Polisi Gerebek Klinik Aborsi di Raden Saleh Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]