detikHot

art

Cerita Konservator Italia Restorasi Lukisan Raden Saleh di Yogyakarta

Selasa, 20 Agu 2019 17:39 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes Foto: Tia Agnes
Jakarta - Awal tahun ini kabar mengenai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang merestorasi dua lukisan karya Raden Saleh membawa angin segar bagi dunia seni rupa. Dua lukisan dari abad ke-19 itu akhirnya pulih kembali seperti sedia kala.

Lukisan yang direstorasi adalah lukisan Sri Sultan Hamengkubuwono VI dan Gusti Kanjeng Ratu Hageng yang tersimpan di Museum Lukisan Keraton Yogyakarta, tepatnya di timur Bangsal Kasatriyan. Ada satu sosok konservator Italia yang berjasa dalam pemulihan lukisan karya Raden Saleh tersebut.

Dia adalah Michaela Anselmini yang profesional di bidang konservasi selama 26 tahun lamanya. Budaya konservasi sebuah karya seni bernilai tinggi telah menjadi hidupnya.




Michaela Anselmini menuturkan ia diundang oleh pihak Keraton Ngayogyakarta untuk memeriksa lukisan sultan. "Hal pertama yang saya lakukan di keraton adalah memeriksa lukisan Sultan. Saya langsung bilang, wah krak-nya bagus banget. Gusti Bedoro kaget, akhirnya ada yang ngerti juga," ujarnya tertawa ketika menceritakan kejadian tersebut.

Pekerjaan tersebut diceritakan Michaela di sesi seminar 'Urgensi Penyelamatan Karya Seni Rupa Koleksi Negara' di Galeri Nasional Indonesia. Selama 5 bulan lamanya, ia berada di Yogyakarta untuk 'memulihkan' lukisan tersebut.

"Retouching setelah ya dibersihkan untuk menyesuaikan. Retocuhing untuk melakukan penyesuaian saja. Dalam melakukan restorasi tidak terlalu berlebihan dalam melakukannya," ujarnya.

Cerita Konservator Italia Restorasi Lukisan Raden Saleh di Yogyakarta Foto: Tia Agnes
Saat memulai restorasi lukisan Raden Saleh, perempuan yang kini tinggal di Jakarta itu mengaku sudah ada seseorang yang pernah merestorasinya. Namun hasilnya tidak memuaskan.

"Dia menggunakan material yang salah. Kamu melihat area ini realitasnya sedikit rusak. Karena 40 taun lalu, seseorang mencoba membenarkan krak nya lukisan. Dia memakai bahan dan materi yang tidak tepat ," ungkap Michaela.

Setelah merestorasi dua lukisan Raden Saleh, Michaela sedang menggarap proyek besar lainnya di Jakarta selama setahun. "Iya, setahun ini ada project dengan lukisan Lee Man Fong, nanti dikabari kalau selesai," pungkasnya.


Simak Video "Cakep! Daun Jati Bisa Dimanfaatkan Jadi Media Lukis"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com