Rumah Lelang Paris Hubungi Kolektor Asia untuk Lukisan Langka Raden Saleh

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 06 Nov 2021 12:35 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
(Foto: Courtesy of Daguerre Auction House, Drout Paris ) Lukisan A View of Mount Megamendung awalnya dimiliki oleh kolektor bernama Cassalette. Kini lukisan Raden Saleh itu dilelang.Daguerre Auction House, Drouot ParisDaguerre Auction House, Drouot Paris
Jakarta -

Rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan, yang berada di kota Vannes, Prancis bekerja sama dengan Daguerre Auction House, Drouot Paris mengumumkan akan ada pelelangan lukisan langka Raden Saleh pada 2 Desember 2021. A View of Mount Megamendung yang menjadi salah satu seri dari pemandangan Megamendung, Puncak, Jawa Barat, itu dilelang seharga Rp 24,8 miliar.

Kepada detikcom, perwakilan Rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan, Delphine Kahl mengatakan sudah menghubungi kolektor dari Asia Tenggara.

"Ketika kami melelang The Banteng Hunt pada 2018 lalu, 13 kolektor terdaftar untuk menawar, dua di antaranya berada di ruangan di Prancis dan 11 di telepon," kata Delphine Kahl kilas balik tentang lelang yang memecahkan rekor tersebut.

Dia menegaskan ke-13 kolektor di tahun 2018 itu sudah dihubungi akan kehadiran lelang lukisan A View of Mount Megamendung.

"Tentu saja, 13 kolektor ini sudah diinformasikan namun kamu menghubungi kembali setiap orang yang meminta laporan kondisi atau informasi lebih lanjut," katanya.

"Kami juga menghubungi setiap museum dan pers," sambungnya lagi.

Pada 24 sampai 30 November nanti, Jack-Phillippe Ruellan juga bakal menyambangi Singapura dan bertemu dengan para kolektor.

"Dia berencana untuk bertemu kolektor dan press untuk berbicara soal pelelangan lukisan terbaru A View of Mount Megamendung," kata dia.

Dari hasil penjualan rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan akan dua lukisan langka Raden Saleh sebelumnya itu, pasar seni pun tahu mengenai hasil akhirnya.

"Dua lelang itu dipublikasikan secara luas, dapat dikatakan orang-orang dari pasar seni tahu bahwa kita berhubungan dengan kolektor dari Asia Tenggara," pungkasnya.

Lukisan A View of Mount Megamendung awalnya dimiliki oleh kolektor bernama Cassalette. Karyanya menampilkan seorang buruh sedang memikul beban dan berjalan di jalanan setapak, dan melewati dua pria yang sedang mengobrol di pinggir jalan.

(tia/aay)