Presiden Jokowi Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Secara Virtual

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 20 Nov 2021 10:03 WIB
Pembukaan PKN 2021
Presiden Joko Widodo membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Presiden Jokowi membuka hajatan akbar Pekan Kebudayaan Nasional 2021 secara virtual pada Jumat (19/11/2021) malam. Pembukaan yang disiarkan melalui Indonesiana.tv dan akun YouTube Budaya Saya milik Kemendikbudristek.

Selama sejam lamanya, peresmian Pekan Kebudayaan Nasional yang diselenggarakan ketiga kalinya itu tak kalah meriah ketimbang tahun sebelumnya.

Dalam kata sambutannya, Presiden Jokowi menuturkan tantangan terberat yang dihadapi bangsa Indonesia di masa kini bukanlah hal pertama yang terjadi.

"Pandemi bukan yang pertama, bencana alam bukan juga yang pertama. Banyak sekali tantangan yang sudah dialami oleh bangsa Indonesia sebelum menjadi Republik ini berdiri," buka Presiden Jokowi.

Jokowi melanjutkan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari ilmu pengetahuan dan kearifan lokal masa lalu yang diturunkan melalui nenek moyang kita. Kearifan itu yang terangkum dalam bentuk narasi lisan misalnya skrip drama maupun pewayangan.

Berangkat dari kekayaan kebudayaan dan alam, Indonesia pun berpeluang menjadi pusat peradaban.

"Saya menegaskan bahwa berangkat dari kekayaan kebudayaan dan kekayaan hayati kita, Indonesia memiliki peluang besar untuk menumbuhkan ilmu pengetahuan yang berbasis dari peradaban Indonesia," tegasnya.

Sedangkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim menyambut perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Nasional 2021 dengan penuturan dalam bahasa Jawa.

Lantunan itu ditafsirkan sebagai doa, tekad, semangat, dan kecerlangan Nusantara. Kata 'Cerlang' yang menjadi tema dari penyelenggaraan tahun ini.

Di tahun penyelenggaraan ketiga, PKN digagas dengan tema yang menjawab tantangan kehidupan masa kini, khususnya di bidang pemenuhan kebutuhan hidup dasar yakni sandang, pangan, papan.

Dengan memanfaatkan kekayaan potensi budaya setempat, dapat diperoleh solusi yang lebih berkelanjutan bagi masalah-masalah dunia hari ini. Untuk itu, PKN 2021 mengangkat tema "Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan."

(Baca halaman berikutnya soal pembukaan PKN 2021)



Simak Video "Permendikbudristek 30/2021 Dianggap Legalkan Zina di Kampus, Ini Kata MUI"
[Gambas:Video 20detik]