Diskoria hingga Jason Ranti Isi Pekan Kebudayaan Nasional

tim detikhot - detikHot
Sabtu, 30 Okt 2021 17:01 WIB
Jason Ranti
Jason Ranti Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan tahun ini akan kembali menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN).

Seperti tahun sebelumnya, PKN tahun ini akan kembali diselenggarakan secara daring dikarenakan situasi yang belum pulih sepenuhnya dari pandemi COVID-19.

Penyelenggaraan PKN sebagai pagelaran berbasis budaya di tengah-tengah situasi pandemi diharapkan dapat memastikan nyala api dan semangat kebudayaan tetap terjaga di tengah-tengah masyarakat Indonesia.



Tahun ini, PKN mengusung tema 'Cerlang Nusantara, Pandu Masa Depan'. Tema ini dipakai buat menjawab problem utama hari ini yaitu problem gaya hidup.

PKN akan menitikberatkan kepada kearifan-kearifan lokal sebagai akar dari ketahanan budaya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid pada peluncuran PKN 2021 secara daring menyebut, PKN 2021 hadir untuk mengawali perubahan gaya hidup, yakni putar haluan dari segala cara hidup lama yang tidak berkelanjutan.

"Kebudayaan bisa jadi pandu menuju Normal Baru. Kebudayaan Nusantara telah dihasilkan lewat praktik sosial selama ribuan tahun dan terbukti membuat kita bertahan hingga hari ini. Ke sana kita perlu menengok untuk mencari jalan keluar dari dilema hari ini," ujar Hilmar.

Selain dihadiri dan dibuka oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, peluncuran PKN 2021 juga diramaikan oleh deretan musisi lokal favorit, yaitu: Diskoria, Jason Ranti, Shine of Black dan juga Alffy Rev yang rencananya akan mengiringi peragaan busana nusantara.



Simak Video "PKN Resmi Didaftarkan, Anas Urbaningrum Dapat Posisi Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)