3 Lukisan Raden Saleh yang Terjual Miliaran Rupiah

Tia Agnes - detikHot
Senin, 08 Nov 2021 13:04 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
3 lukisan Raden Saleh yang terjual miliaran rupiah, seperti dirangkum detikcom: Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction

Lukisan dengan subject 'Megamendung' merupakan salah satu dari tiga lukisan langka Raden Saleh. Dua lukisan lainnya berada di Museum MACAN Jakarta yang menjadi koleksi dari filantropi Haryanto Adikoesoemo. Lukisan ini pula yang dipajang di pameran perdana Museum MACAN tahun lalu.

Satu lukisan lagi berada di kastil Ehrenburg, Coburg, Jerman. Sebelumnya lukisan 'Mail Station at the Bottom of Mount Megamendung' diketahui berada di tangan kolektor pribadi asal Singapura.

3. Lukisan Perburuan Banteng

Lukisan langka Raden Saleh lainnya yang memecahkan rekor adalah La Chasse au Taureau Sauvage atau dalam bahasa Indonesia artinya Perburuan Banteng. Lukisannya terjual senilai Rp 149 miliar ditambah pajak.

Lukisan Raden Saleh 'Perburuan Banteng'Lukisan Raden Saleh 'Perburuan Banteng' Foto: Jack Philipp Ruellan Auction

Lukisan Banteng Hunt menggambarkan aksi heroik tentang perburuan binatang banteng di abad 19. Seperti beberapa karya yang lain, Raden Saleh juga 'melukis diri' di dalam lukisan ini.

Raden Saleh tampil sebagai penunggang kuda di sebuah upacara perburuan hewan. Lukisan ini dipercaya dibuat dan diselesaikan oleh Raden Saleh pada 1855.

Pada 27 Januari 2018 lukisan dilelang dengan harga awal €200.000 atau Rp 3,3 miliar. Namun, ternyata terjual harga ketok palu €7.200.000,- ditambah premium, lukisan ini terbayar €8.928.000, atau Rp 149 miliar.



Simak Video "Polisi Gerebek Klinik Aborsi di Raden Saleh Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/wes)