Kisah Djanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi Asal Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikHot
Sabtu, 06 Nov 2021 19:24 WIB
Djanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi asal Kulon Progo
(Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom) Usianya memang masih belia, tetapi kecintaannya terhadap dunia pewayangan melebihi anak-anak sebayanya. Inilah sosok dalang cilik Djanggan Purbo Djati.
Yogyakarta -

Usianya memang masih belia, tetapi kecintaannya terhadap dunia pewayangan melebihi anak-anak sebayanya. Ia bahkan berhasil mendulang prestasi dari kesenian tradisional itu dan bercita-cita menjadi dalang profesional seperti almarhum Ki Seno Nugroho.

Ia adalah Djanggan Purbo Djati (13). Dijuluki dalang cilik berprestasi, Djanggan kerap menjadi jawara dalam setiap perlombaan mendalang baik itu untuk wayang kulit maupun wayang golek. Sudah tak terhitung berapa piala dan piagam penghargaan yang telah diraih anak bungsu dari empat bersaudara pasangan Muhammad Yasin dan Ngatiyem ini.

Terbaru Djanggan berhasil menjuarai lomba dalang tingkat DIY pada 2021, dan berkesempatan mewakili Bumi Mataram untuk berkancah di festival dalang tingkat nasional.

"Kemarin dapat informasi, disuruh latihan terus untuk lomba di provinsi, Alhamdulillah dapat juara 1, langsung ke nasional," ucap Djanggan saat ditemui di rumahnya di Dusun Nglotak, Kalurahan Kaliagung, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo, DIY, Jumat (5/11/2021).

Selain mengikuti lomba, penyuka tokoh Gatotkaca ini juga pernah ikut dalam program wayang masuk sekolah yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan setempat. Ia juga rutin mementaskan wayang dalam kegiatan merti desa maupun saat perayaan Kemerdekaan Indonesia yang digelar baik oleh kalurahan setempat atau Pemkab Kulon Progo.

Terkadang, bocah yang sekarang duduk di kelas 1 SMP ini juga ditanggap secara perseorangan, seperti untuk mengisi acara hajatan. Soal bayaran, Djanggan tak mematok tarif. "Tidak ada tarif, seikhlasnya aja," ucapnya.

Kenal Wayang Sejak Usia 2 Tahun

Djanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi asal Kulon ProgoDjanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi asal Kulon Progo Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Ada pepatah bilang, buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Bakat anak biasannya muncul karena orang tuanya. Namun untuk Djanggan, pepatah itu nampaknya tak berlaku. Sebab keahliannya memainkan wayang bukan berasal dari orang tua maupun leluhurnya.

Hal itu diungkapkan oleh ayah Djanggan, Muhammad Yasin. Ia mengatakan bahwa tak ada satupun di keluarganya yang memiliki bakat seni mendalang.

"Memang tidak ada. Bapak saya itu dulu kaum rohis di dusun. Simbah saya juga petani biasa. Saya sendiri juga enggak ngerti wayang. Sekarang-sekarang aja ini tahu wayang karena Djanggan suka wayang," ucap Yasin.

Tiga kakak Djanggan yang kini sudah mentas dan berkeluarga pun juga demikian. Tak satupun dari mereka menjadi dalang seperti Djanggan. Lantas bagaimana Djanggan bisa memiliki bakat mendalang?

Yasin pun bercerita soal awal mula Djanggan menyukai dunia pewayangan. Semua berawal saat Djanggan masih berusia dua tahun. Secara tak sengaja, Yasin melihat Djanggan menata pecahan genting di teras rumah mereka. Bocah kecil itu kemudian memainkan pecahan tersebut selaiknya seorang dalang yang tengah pentas.

Yasin yang heran dengan kelakuan anaknya kemudian bertanya apa yang sedang ia lakukan. "Dan jawabannya, lagi main wayang," ucap Yasin menirukan kata-kata anaknya saat itu.

Yasin meyakini, di usia itu, Djanggan belum tahu seni wayang. Oleh karena itu, jawaban sang anak sempat membuatnya kaget. Namun itu semua ia biarkan berlalu sampai suatu hari, ia kembali melihat Djanggan bermain dengan dedaunan kering yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk wujud wayang.

Djanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi asal Kulon ProgoDjanggan Purbo Djati, Dalang Cilik Berprestasi asal Kulon Progo Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom

Orang tua menyadari bakat Djanggan... (di halaman selanjutnya)