Grab it Fast! Lukisan Langka Raden Saleh Ini Dilelang Rp 24,8 M

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Nov 2021 17:03 WIB
Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 Miliar
Lukisan langka Raden Saleh berjudul A View of Megamendung akan dilelang di Paris pada 2 Desember 2021. Foto: Courtesy of Daguerre Auction House, Drouot Paris

Rekor Pelelangan Lukisan Raden Saleh Lainnya

Rumah lelang Jack-Phillippe Ruellan, yang berada di kota Vannes, Prancis, bukan pertama kalinya melelang lukisan dari Raden Saleh. Pada Februari 2019, lukisan Raden Saleh lainnya yang menggambarkan penyair Rusia Alexander Sergeyevich Pushkin laku terjual Rp 2 miliar.

Setahun sebelumnya tepat 27 Januari 2018, salah satu lukisan Raden Saleh lainnya memecahkan rekor pelelangan. Saat itu, para pencinta seni Indonesia dan internasional turut membicarakannya.

Lukisan Raden Saleh berjudul La Chasse au Taureau Sauvage atau dalam Bahasa Inggris Banteng Hunt (Perburuan Banteng) memecahkan rekor senilai Rp 149 miliar.

Banteng Hunt pun mencetak rekor tertinggi untuk kategori lukisan Asia Tenggara ketimbang ciptaan Hendra Gunawan, S Sudjojono, Lee Man Fong sampai lukisan Raden Saleh lainnya.

Lukisan Raden Saleh A View of Megamendung atau Pemandangan Megamendung Dilelang Rp 24,8 MiliarJack-Phillippe Ruellan berada di depan lukisan Banteng Hunt yang memecahkan rekor pada 27 Januari 2018 senilai Rp 149 miliar Foto: Courtesy of Jack-Phillippe Ruellan Auction

Bahkan lukisan itu juga mengalahkan karya Raden Saleh lainnya yang berjudul The Deer Hunt yang terjual 1,5 juta euro di Balai Lelang Christie's Singapura pada 1996.

Lukisan Banteng Hunt menggambarkan aksi heroik tentang perburuan binatang banteng di abad 19. Seperti beberapa karya yang lain, Raden Saleh juga 'melukis diri' di dalam lukisan ini.

Raden Saleh tampil sebagai penunggang kuda di sebuah upacara perburuan hewan. Lukisan ini dipercaya dibuat dan diselesaikan oleh Raden Saleh pada 1855.



Simak Video "Menelusuri Masjid Jami Al-Makmur, Peninggalan Maestro Lukis Raden Saleh"
[Gambas:Video 20detik]

(tia/wes)