ADVERTISEMENT

Aktor Broadway Hamilton Dipecat Gegara Minta Ruang Ganti Netral Gender

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 31 Okt 2021 11:55 WIB
NEW YORK, NY - AUGUST 06:  Sarah Jessica Parker attends Hamilton Broadway Opening Night at Richard Rodgers Theatre on August 6, 2015 in New York City.  (Photo by Neilson Barnard/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Perlakuan tak menyenangkan dialami oleh aktor broadway Hamilton. Dia dipecat gara-gara meminta ruang ganti netral gender kepada manajemen perusahaannya.

Pemain yang bernama Suni Reid itu diketahui sebagai transgender. Ia menyebutkan yang mengalami hal serupa bukan hanya seorang tapi juga ada banyak.

Suni Reid hanya menyebutkan kata 'mereka' dalam kasus tersebut. Dia mengatakan mereka itu disebut berkulit hitam, sebagai non-biner ketika mengadu kepada manajemen di perusahaan tersebut.

"Manajemen perusahaan Hamilton menolak untuk memperbarui kontrak mereka ketika mereka meminta agar ada ruang ganti yang netral gender selain ruang ganti untuk pria dan perempuan," tulis keterangan dalam pengaduan diskriminasi dalam situs broadway.

Dalam surat keluhan itu juga disebutkan para korban mengalami insiden diskriminasi dan pelecehan. Termasuk sengaja disalahtafsirkan oleh manajemen.

Kabar mengenai ini membuat nama broadway Hamilton tercoreng. Padahal pertunjukan tersebut menonjolkan keberagaman dan tampaknya berkomitmen untuk mencari keadilan serta harmoni sosial.

Tim kuasa hukum para korban, Lawrence M Pearson dan Linsday M Goldbum mengatakan dalam sebuah pernyataan manajemen perusahaan memecat mereka yang tak sejalan.

"Manajemen perusahaan mengeluarkan para pemain transgender berkulit hitam hanya karena mereka membela diri mereka sendiri dan mengadvokasi untuk tempat kerja yang lebih adil. Citra publik tentang Hamilton dipertanyakan," ungkapnya.

"Kasus ini adalah peringatan bagi industri teater Amerika Serikat tentang ketidakadilan sistemik yang bertahan meski nama mereka besar dan dipuji pencinta seni," lanjutnya.

Juru bicara Hamilton mengatakan salah satu aktor yang mengadu, Suni Reid, merupakan pemeran yang berharga selama lebih dari tiga tahun.

"Kami menawarkan mereka kontrak untuk kembali ke Hamilton dengan persyaratan sesuai permintaan mereka. Kami juga menyangkal tuduhan tersebut. Kami tidak melakukan diskriminasi apapun," tukasnya.

Broadway Hamilton ciptaan Lin-Manuel Miranda dipuji karena cerita dan prestasi yang diraih. Hamilton sukses memenangkan 11 nominasi di ajang bergengsi Tony Awards pada 2016, Oliver Awards hingga Pulitzer Prize untuk drama teater terbaik.

Layanan streaming Disney+ pun merilis pertunjukan broadway itu secar global. Hamilton juga disebut sebagai musikal nomor satu di AS.



Simak Video "Yang Beda dari Pelatihan Seniman Indonesia Menuju Broadway 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT