Moulin Rouge! Menang Musikal Terbaik di Anugerah Tony Awards

Tia Agnes - detikHot
Senin, 27 Sep 2021 11:45 WIB
Musikal Moulin Rouge!
Foto: AFP
Jakarta -

Ketika panggung broadway baru saja dibuka usai pandemi berkepanjangan, Tony Awards tetap menggelar penghargaan bagi insan dunia seni pertunjukan AS. Musikal Moulin Rounge! yang diadaptasi dari film hits karya Baz Luhrmann berhasil memenangkan anugerah Tony Awards tahun ini sebagai musikal terbaik.

Pertunjukan tentang sebuah kejadian di kelab malam Paris saat pergantian abad diperbaharui dengan beberapa lagu. Di antaranya Single Ladies, Firework, Lady Marmalade yang juga memenangkan 10 kategori dari 12 nominasi.

Produser musikal Moulin Rouge!, Carmen Pavlovic mengatakan sepanjang 18 bulan terakhir berjuang dengan semua jadwal pertunjukan yang berantakan.

"Rasanya agak aneh bagi saya untuk berbicara tentang satu pertunjukan sebagai musikal terbaik," katanya, dilansir dari AFP, Senin (27/9/2021).

"Saya merasa bahwa setiap pertunjukan musim lalu layak dianggap sebagai musikal terbaik. Pertunjukan yang dibuka dan pertunjukan yang ditutup dan banyak di antaranya tidak lagi digelar. Dan tentu saja, banyak pentas yang berhenti dan cukup beruntung dilahirkan kembali," sambungnya.

Moulin Rouge! The Musical menang untuk kategori desain pemandangan, kostum, pencahayaan, desain suara, orkestra, dan akting unggulan Tony untuk aktor Danny Burstein.

Koreografer Sonya Tayeh menang kategori koreografi terbaik dalam debut broadway-nya dan Alex Timbers memenangkan trofi untuk sutradara terbaik.

Aaron Tveit juga memenangkan kategori sebagai aktor utama terbaik dalam musikal Moulin Rouge! The Musical!.

"Kami sangat beruntung memenangkan 10 kategori nominasi di Tony Awards, karena apa yang kami lakukan mengubah kehidupan orang-orang," lanjutnya.

Selain musikal Moulin Rouge! yang mencuri perhatian, musikal Jagged Little Pill yang menonjol lewat album terobosan Alanis Morissette tahun 1995. Musikalnya menceritakan kisah keluarga Amerika yang lepas kendali.

Jagged Little Pill meraih 15 nominasi Tony Awards. Musikal A Christmas Carol juga memenangkan 5 penghargaan teknis untuk kategori desain, kostum hingga pencahayaan.

Sebanyak 18 drama dan musikal yang memenuhi syarat dari musim 2019-2020 yang masuk nominasi Tony Awards 2021. Totalnya ada 34 pertunjukan yang diseleksi.

Kini panggung broadway di AS kembali dibuka di tengah kondisi yang tak menentu akibat pandemi setelah penutupan pada 12 Maret 2020 yang melumpuhkan semua pentas. Pertunjukan Wicked, Hamilton, dan The Lion King kembali dipentaskan.



Simak Video "Persiapan Festival Sang Kuda Renggong Desa Ranjeng Sumedang"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)