JICON Dance Festival Resmi Dibuka, Siap Nonton Pentas Tari Kontemporer?

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 13 Okt 2021 21:25 WIB
Jakarta International Contemporary Dance Festival (JICON) Persembahan Komite Tari DKJ
Jicon Dance Festival digelar pada 13-30 Oktober 2021 Foto: Dewan Kesenian Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Perhelatan akbar Jakarta International Contemporary Dance Festival (JICON Dance Festival) resmi dibuka sore ini. Dibuka dengan opening act di Creative Hall M Bloc Space, Jakarta Selatan, siap nonton pentas tari kontemporer sampai akhir bulan ini?

Opening act pembukaan JICON Dance Festival 2021 dibuka dengan obrolan ringan tentang tari dan ekosistem dibahas oleh Avianti Armad dari DKJ, Wendi Putranto dari M Bloc Space, Rama Thaharani dari SEACN, dan Yola Yulfianti selaku ketua komite tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ).

Ketua pengurus harian DKJ, Danton Sihombing mengatakan Dewan Kesenian Jakarta sebagai mitra dari Gubernur Provinsi DKI Jakarta melaksanakan perannya untuk pemajuan kesenian di Ibu Kota.

"Salah satu bentuk advokasi yang diajukan adalah Simpul Seni, sebuah sistem operasi untuk ekosistem kesenian di Jakarta yang berbasis empat platfrom yaitu pendanaan, kolaborasi, infrastruktur dan program," ungkapnya dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/10/2021).

Selama pandemi, kegiatan-kegiatan yang digelar DKJ dibuat secara daring. "Menariknya muncul peluang eksplorasi dan eksperimentasi yang menggunakan teknologi digital dan pemanfaatan media online," lanjutnya.

Soni Marti Lova sekalu Direktur JICON Dance Festival mengatakan salah satu tujuan festival ini menghubungkan antara seniman tari, pertunjukan, dan seni media baru.

"Sehingga ekosistem seni khususnya tari tetap bisa terjaga dan tari tetap mendapatkan tempat di masyarakat," kata Soni.

JICON Dance Festival juga menghadirkan seni bukan sesuatu yang eksklusif tapi inklusif. Hal ini terlihat dalam kolaborasi antara seniman Indonesia dan Jepang.

Para seniman diwakili oleh komunitas dan mahasiswa disabilitas dari Politeknik Negeri Jakarta dan masyarakat berkebutuhan khusus dari Tanpopo-No-Ye yang berada di Osaka, Jepang.

Rangkaian JICON Dance Fest nantinya akan ditutup dengan screening festival film internasional - IMAJITARI pada 28-30 Oktober yang digelar secara offline dan online.



Simak Video "Berlatih Tari Bedana Bersama Para Penari di Pasar Seni Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)