JICON Dance Fest Kembali Digelar Tahun Ini

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 03 Agu 2021 11:45 WIB
Jakarta International Contemporary Dance Festival (JICON) Persembahan Komite Tari DKJ
JICON Dance Fest kembali digelar tahun ini Foto: Dewan Kesenian Jakarta/ Istimewa
Jakarta -

Jakarta International Contemporary Dance Festival atau akrab disebut JICON Dance Fest akan kembali digelar tahun ini. Festival berbagai macam program tari itu rencananya dihelat pada September sampai Oktober 2021.

Acara tersebut digelar oleh Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Mereka berharap semoga JICON Dance Fest 2021 bisa berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

"Situasi pandemi mendorong seniman tari melakukan perluasan kerja kreatif dan menafsir ulang makna panggung. Maka JICON Dance Fest membuka peluang penawaran karya baru serta kerja-kerja kolaborasi para seniman, serta menghadirkan tontonan yang menarik bertaraf Internasional bagi masyarakat lebih luas," ujar Yola Yulfianti, selaku ketua komite tari Dewan Kesenian Jakarta, dalam rilis yang diterima oleh detikcom, Selasa (3/8/2021).

Kegiatan yang dilakukan oleh JICON Dance Fest adalah melakukan kolaborasi internasional. Mereka akan bekerjasama dengan Komunitas Serambi Inklusi dari Jakarta dan Shin Sakuma dari Tokyo, Jepang. Tentunya acara tersebut akan sangat berkesan karena melibatkan teman-teman disabilitas dari kedua negara.

Tidak hanya itu, JICON Dance Fest juga bekerjasama dengan seniman dari Maputo, Mozambique yang menjadi sister city DKI Jakarta. Nantinya akan ada pertukaran seniman dan aksesibilitas kesenian bagi komunitas lokal.

Program ini merupakan kerja kreatif antara komunitas tari di Jakarta, seniman Indonesia dan negara lain. Mereka bekerja bersama melakukan eksplorasi dan eksperimentasi, hingga menghasilkan penawaran karya baru yang dipresentasikan secara spesifik.

Tak sampai di situ, JICON Dance Fest juga menyelenggarakan festival film tari internasional yang disebut IMAJITARI. Festival tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan karya film tari seniman Indonesia dan membawanya ke mata dunia.

Sebuah loka karya yang diikuti oleh seniman dari berbagai disiplin ilmu bernama Workshop Artistic Development juga akan diselenggarakan. Khusus untuk agenda tersebut, pendaftaran bisa dilakukan di http://www.jicon.id/open-call/.



Simak Video "Kronologi Anak Nia Daniaty Lakukan Penipuan CPNS"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/tia)