Pos Bloc Jakarta Resmi Dibuka, Siap Nongkrong di Ruang Kreatif Terbaru?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 11 Okt 2021 19:33 WIB
Pos Bloc Jakarta
Pos Bloc Jakarta yang berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, akhirnya diresmikan akhir pekan lalu. Foto: Imelda K Lase & Baladika B Anggakara
Jakarta -

Satu lagi ruang kreatif terbaru di Ibu Kota yang siap menambah lokasi asyik untuk nongkrong sekaligus berkreativitas. Sukses dengan lokasi M Bloc Space dan JNM Bloc di Yogyakarta, ada satu ruang lagi yang diresmikan yakni Pos Bloc Jakarta.

Setelah menjalani renovasi fisik selama tiga bulan lamanya, ruang kreatif publik Pos Bloc Jakarta diresmikan akhir pekan lalu. Menteri BUMN Erick Thohir yang meresmikannya di aula utama Gedung Filateli Jakarta yang berada di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Saat peresmian, Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan transformasi PT Pos Indonesia yang berubah tak hanya menjadi bagian dari masa lalu, patut didukung.

"Saat ini sudah era digital dan milenial, bukan lagi kolonial. Disrupsi itu terjadi karena dua hal, digital dan anak muda Indonesia," ucapnya saat peresmian Pos Bloc Jakarta, seperti yang dimuat dalam siaran pers.

Menurut Erick Thohir, saat ini dia melihat perubahan gelombang pertama yang terjadi di Indonesia. Sementara gelombang digital kedua segera datang.

"Kita berhadapan dengan namanya edu tech, media tech. Saya melihat Pos Bloc tidak hanya sebagai ruang kreatif tapi juga pusat media sehingga para YouTuber bisa datang untuk membuat konten," lanjutnya.

CEO Pos Bloc Jakarta, Jimmy Saputro mengatakan kolaborasi di antara PT Pos Indonesia dalam mengalihfungsikan dan mengelola aset negara yang bersejarah menjadi ruang kreatif patut diapresiasi.

"Semoga Pos Bloc Jakarta dapat menjadi game changer untuk menghidupkan kembali dinamika kreatif di sekitar kawasan Pasar Baru dan berdampak bagus bagi lingkungan di sekitarnya," kata Jimmy.

Pos Bloc JakartaPos Bloc Jakarta Foto: Imelda K Lase & Baladika B Anggakara

Area kreatif Pos Bloc Jakarta memanfaatkan aset bekas Gedung Kantor Pos era Hindia Belanda yang seluas 7.000 meter persegi milik PT Pos Indonesia (Persero). Ruangnya berubah untuk acara seni budaya, hiburan, pertemuan komunitas kreatif, dan pemberdayaan UMKM.

Pos Bloc Jakarta pengembangannya bakal dilakukan secara bertahap. Pertama, di lahan seluas 2.400 meter persegi yang baru saja diresmikan.

Tahap kedua akan dilakukan pada 2022 dengan luas tambahan sekitar 4.800 meter persegi. Beberapa area di sana pada tahap pertama yang dikenalkan kepada publik di antaranya beranda depan, aula utama, taman, area bongkar muat sampai ruang kegiatan maupun pameran.

Pos Bloc Jakarta sudah bisa dikunjungi publik dan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB serta akhir pekan mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB.



Simak Video "Jajan Sambil Hangout Asyik di Pos Bloc, Ada Apa Saja Sih?"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)