Misteri Toilet Emas 18 Karat yang Masih Diburu Keberadaannya

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 15 Sep 2021 20:05 WIB
Di sebuah museum di Amerika, terdapat toilet berlapis emas 18 karat.
Toilet emas karya Maurizio Cattelan Foto: REUTERS/Brendan McDermid.
Jakarta -

Misteri mengenai keberadaan toilet emas 18 karat senilai Rp 84 miliar masih diburu. Toilet emas yang menjadi karya seni instalasi seniman Italia bernama Maurizio Cattelan hilang dicuri saat pameran besar di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Dua tahun setelah peristiwa pencurian pada 14 September 2019, toilet emas yang diberi nama America, belum ada tersangka yang didakwa. Tujuh orang dikabarkan ditangkap namun tak pernah didakwa.

Dilansir dari berbagai sumber, peristiwa pencurian terjadi saat sekelompok orang masuk ke dalam istana yang berasal dari abad ke-18.

Akibat peristiwa tersebut, terjadi kerusakan dan banjir ke sejumlah ruangan. Karya seni tersebut adalah milik kolektor pribadi dan menjadi bagian dari pameran seni sebelum dicuri.

Perusahaan asuransi Fine Art Specie Adjusters (FASA) mengatakan sampai saat ini proses penyelidikan masih berlangsung.

"Semua yang ditangkap dibebaskan sementara penyelidikan berlanjut dan tidak ada dakwaan yang dibuat," ungkap kepolisian Thames Valley.

Mereka yang ditangkap adalah pria berusia 37 tahun asal London, pria 68 tahun dari Evesham, pria berusia 36 tahun dari Cheltenham, perempuan 38 tahun, dan dua pencuri lainnya yang berasal dari Oxford.

Para pencuri itu terkena pasal pencurian dan perampokan. Seniman asal Italia, Maurizio Cattelan mengatakan awalnya kasus pencurian dikira adalah sebuah lelucon.

"Awalnya saya mengira karya saya hilang adalah lelucon. Siapa yang begitu bodoh mencuri toilet? Aku sempat terlupa kalau itu terbuat dari emas," katanya dilansir dari AFP.

"Saya berharap itu lelucon. Saya berharap tidak terjadi dan masih berpikir positif bahwa perampoknya terinspirasi kejadian Robin Hood," lanjutnya lagi sambil merujuk pada karakter cerita rakyat Inggris yang mencuri dari orang untuk dibagikan kepada orang miskin.

Sebelumnya, toilet emasnya pernah dipinjamkan kepada Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melanie Trump pada 2018 ketika mereka meminjamkan lukisan Van Gogh untuk kediaman pribadi di Gedung Putih.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)