detikHot

art

Toilet Emas Rp 84 M Hilang Dicuri, Seniman Italia Buka Suara

Selasa, 17 Sep 2019 11:53 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (AFP) Foto: (AFP)
Jakarta - Ingat dengan toilet emas buatan seniman Italia yang pernah dipamerkan di Guggenheim Museum, New York? Kini karya senilai Rp 84 miliar itu heboh menghilang karena dicuri.

Toilet yang terbuat dari emas 18 karat itu dinamakan 'Amerika'. Adalah Maurizio Cattelan yang membuatnya dan ikut ditampilkan dalam pameran besar di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Alih-alih merasa khawatir karena karyanya menghilang, seniman itu justru menjawab dengan satire. Ia berharap pencurinya mengambil karyanya karena terinspirasi oleh aksi Robin Hood.



"Awalnya saya mengira karya saya hilang adalah lelucon. Siapa yang begitu bodoh mencuri toilet? Aku sempat terlupa kalau itu terbuat dari emas," katanya dilansir dari AFP, Selasa (17/9/2019).

"Saya berharap itu lelucon. Saya berharap tidak terjadi dan masih berpikir positif bahwa perampoknya terinspirasi kejadian Robin Hood," lanjutnya lagi sambil merujuk pada karakter cerita rakyat Inggris yang mencuri dari orang untuk dibagikan kepada orang miskin.

Pihak Istana Blenheim menuturkan karya tersebut dipajang di lokasi sejak Kamis (12/9) dan menghilang dua hari kemudian. Tahun lalu, toilet emasnya pernah dipinjamkan kepada Presiden Amerika Donald Trump dan istrinya Melanie Trump ketika mereka meminjamkan lukisan Van Gogh untuk kediaman pribadi di Gedung Putih.




Simak Video "Simsalabim! Onderdil Bekas Ini Disulap Jadi Kerajinan Ciamik"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com