Pencuri Toilet Emas Rp 84 M Tertangkap

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 17 Sep 2019 13:15 WIB
Foto: (Guggenheim Museum/Twitter)
Jakarta - Toilet emas senilai Rp 84 miliar tiba-tiba saja menjadi perbincangan dunia maya karena hilang dicuri akhir pekan lalu. Namun pihak kepolisian ternyata sudah menangkap pencuri tersebut.

Seorang pria berusia 66 tahun, seperti dilansir dari Reuters, resmi ditahan. Ia tak bekerja sendiri dalam melakukan tindakan perampokan, tapi bersama satu geng lainnya dan menggunakan dua kendaraan.

Kepala eksklusif Istana Blenheim, Dominic Hare, mengungkapkan toilet emas itu berada di lokasi pameran yang memiliki sistem keamanan canggih. "Di sini sistem keamanannya sudah tinggi dan canggih," ungkapnya.



Karya seni toilet emas yang berjudul 'Amerika' merupakan salah satu daya tarik ciptaan seniman Italia Maurizio Cattelan. Untuk mengapresiasinya, para pengunjung bisa memesan slot waktu 3 menit untuk menggunakan toilet emas.

Ketika karyanya pernah dipajang di Museum Guggenheim, New York, lebih dari 100 ribu orang berbaris untuk menggunakan toilet selama setahun. Toilet emas ini dikabarkan juga pernah dipinjamkan kepada Donald Trump dan istrinya Melania Trump untuk digunakan di Gedung Putih ketika Trump baru terpilih sebagai presiden.


Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)