Mahakarya Banksy di Pesisir Inggris Dipuji Pencinta Seni

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 15 Agu 2021 19:24 WIB
Mural Banksy A Great British Spraycation.
(Foto: dok. Banksy) Sejak pekan lalu, mural-mural itu menjadi pembicaraan di Inggris. Banyak yang menduga itu adalah karya Banksy sampai akhirnya ia mengunggah bukti dari karyanya tersebut.
Jakarta -

Sejak akhir tahun lalu, Banksy menjanjikan bakal membuat sejumlah karya seni bergengsi di 2021. Janji seniman asal Inggris itu pun dia tepati.

Banksy mengkonfirmasi telah membuat 10 karya seni jalanan di sepanjang pantai timur Inggris. Mural-mural itu tersebar di kawasan pesisir Inggris, yang muncul mulai dari seminggu lalu di kota Great Yarmouth, Gorleston dan Cromer, Norfolk, Lowestoft sampai di Suffolk.

Lewat akun Instagram resmi Banksy, ia mengakui sejumlah mural itu adalah karyanya. Dalam unggaham video pendek, ia memberi judul 'A Great British Spraycation'.

Di awal video, ada seorang pria mengenakan hoodie keluar dari mobil van dan membawa kotak pendingin es atau coolbox yang berisikan cat semprot kaleng. Di pinggir pantai, pria itu mulai membuat mural bergambarkan tikus sedang bersantai sambil minum koktail.

Pindah ke lokasi lainnya, ada mural burung elang yang sedang makan sampah. Ada juga mural keong dan kepiting di pinggir pantai.

Ada juga penggambaran reaksi orang yang lewat melihat mural seorang anak laki-laki tengah membangun rumah pasir dengan linggis. Gambarnya di samping paving yang rusak sebagai 'vandalisme tanpa pikiran'.

Aksi Banksy di patung Frederick Savage, walikota King's Lynn yang berjaya pada 1889 dan 1890, juga diberikan kerucut es krim palsu di bagian tangannya. Gambar lidah juga sengaja dibuat sang seniman.

Sejak pekan lalu, mural-mural itu menjadi pembicaraan di Inggris. Banyak yang menduga itu adalah karya Banksy sampai akhirnya ia mengunggah bukti dari karyanya tersebut.

Mural-mural Banksy pun dipuji oleh netizen lewat komentar di akun Instagram pribadinya.

"Buat dunia lebih baik lagi," tulis @dalilalaland.

"Terima kasih telah membuat kampung halamanku menjadi cantik dan dibicarakan orang-orang," tulis netizen lainnya.

"Bagi sebagian orang itu (mural Banksy) adalah vandalisme dan bagi sebagian orang seperti aku, karyanya membawa kebahagiaan," tulis @kaleb****.

[Gambas:Instagram]

(tia/aay)