Viral! Patung Labu Kuning Yayoi Kusama Rusak Diterjang Topan

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Agu 2021 11:52 WIB
Patung labu kuning Yayoi Kusama
Patung labu Yayoi Kusama diterjang topan di Pulau Naoshima Jepang Foto: Istimewa
Jakarta -

Sebuah video yang menampilkan patung labu ciptaan Yayoi Kusama yang terombang-ambing di tepi laut Pulau Naoshima Jepang saat topan menerjang kawasan tersebut. Video itu pun menjadi viral di media sosial.

Video yang awalnya diunggah ke akun Twitter itu tampaknya mengalami kerusakan yang parah dan mengalami keretakan di beberapa tempat.

Dilansir dari Washington Post, Kamis (12/8/2021), patung labu ikonik khas Yayoi Kusama telah ditemukan.

"Patungnya saat ini disimpan di Situs Seni Benesse di pulau tersebut," tulis pihak perwakilan Situs Seni Benesse.

Patung labu ikonik Yayoi Kusama telah mendunia. Ini juga bukan pertama kalinya karya seniman asal Jepang itu tidak beruntung.

Pada 2017, patung labu yang dipamerkan dalam eksibisi Infinity Mirrored Room - All the Eternal Love I Have for the Pumpkins' yang digelar di Museum Hirshhorn dan taman patung di Washington, DC, rusak.

Karyanya rusak setelah pengunjung yang menonton pertunjukan tersandung saat mencoba untuk selfie. Patung itu pun akhirnya dikeluarkan dari area pameran.

Yayoi Kusama yang dikenal nyentrik kerap menghadirkan bentuk polkadot dalam karya-karya yang diciptakan. Patung labu kuning mewakili landasan praktik sang seniman.

Sejak kecil, ia telah menggambar labu. Dua patung labu Yayoi Kusama lainnya ada yang berwarna merah dan tingginya mencapai 1,8 meter. Patung itu dipasang di Pulau Naoshima sejak 1994.

Kabar tak menyenangkan juga menimpa patung labu Yayoi Kusama. Awal Agustus, satu patung labu Yayoi Kusama menjadi pusat skema penipuan oleh sosialita Jerman, Angela Gulbenkian, saat ia menjual karya tersebut kepada pembeli senilai Rp 18,6 miliar.

Patung itu tak pernah dikirimkan kepada kolektor. Sang penjual terbukti mengantongi uang tersebut untuk dirinya sendiri dan kini dibui karena kasus pencurian.



Simak Video "Italia Kembalikan Karya Seni Curian Saksi Bisu Tragedi 2015"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)