Giliran Patung Nami Bertengger di Kampung Halaman Eiichiro Oda

Tia Agnes - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 13:25 WIB
Patung Nami di Prefektur Kumamoto, Jepang
Patung Nami diresmikan di kampung halaman komikus One Piece Eiichiro Oda Foto: One Piece/ Istimewa
Jakarta -

Satu per satu karakter yang ada dalam manga dan anime One Piece dijadikan patung. Kini giliran patung Nami yang dibangun di Prefektur Kumamoto, Jepang, pekan lalu.

Proyek kolaborasi antara Shueisha dan pemerintah Kumamoto itu bertujuan untuk membangkitkan unsur pariwisata yang bertemakan One Piece. Pemerintah ingin merevitalisasi kawasan tersebut setelah peristiwa gempa bumi Kumamoto yang terjadi pada 2016.

Gempa bumi Kumamtoto menewaskan sekitar 273 orang, melukai 2.809 korban, serta merusak ribuan rumah, dan bangunan.

Pencipta dan komikus One Piece Eiichiro Oda yang menjadi penduduk asli Kumamtoto memulai proyek setelah bencana gempa bumi tersebut. Ia memulai banyak proyek untuk menghidupkan kembali kampung halamannya.

Patung Nami adalah patung ketujuh yang dibangun. Karakter Monkey D Luffy menjadi yang pertama kali diresmikan pada 2018.

Ada juga dua patung lagi yang tengah direncanakan termasuk patung Zoro yang bertengger di Ozu Central Park serta Robin di bekas kampus Aso Universitas Tokai.

One Piece pun menjadi maskot bagi Prefektur Kumamoto, Jepang. Gubernur Ikuo Kabashima mengatakan usaha penduduk Nishihara atau desa tempat patung itu didirikan adalah usaha yang positif.

"Usaha penduduk Nishihara untuk merevitalisasi menyerupai bagaimana Nami melindungi desa Cocoyashi," ucapnya merujuk bagaimana Nami melindungi desa Cocoyashi.

Sebelum patung Nami didirikan, ada karakter Monkey D Luffy, Sanji, hingga Usopp. Banyak wisatawan yang ingin berfoto bersama para karakter bajak laut dari One Piece.

Mahasiswa dari Universitas Shokei pun menghitung jumlah uang yang terkumpul dari turis dan hasilnya mengejutkan.

[Gambas:Youtube]



Dilansir dari Comicbook, pariwisata Kumamoto yang meningkat tajam karena One Piece menghasilkan lebih dari US$ 25 juta atau sekitar Rp 370 miliar.

Patung-patung One Piece sukses menghasilkan keuntungan 267 kali dari total dana pembuatan awal. Padahal patung Monkey D Luffy baru dibangun pertengahan 2019 dan baru hitungan bulan saja didatangi wisatawan.

Eiichiro Oda diketahui mangaka (komikus) kelahiran 1 Januari 1975 asal kota Kumamoto, Jepang. Sejak kecil, ia tinggal di kota kecil itu dan berangan-angan menjadi bajak laut dan seorang komikus.



Simak Video "Kebahagiaan Netizen Sambut One Piece Chapter 1000"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)