Museum MACAN Resmi Dibuka Lagi Hari Ini, Simak Aturannya

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 10 Mar 2021 13:05 WIB
Museum MACAN Resmi Dibuka Lagi 10 Maret 2021
Museum MACAN Jakarta resmi dibuka mulai 10 Maret 2021 Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Museum MACAN yang sempat ditutup selama hampir setahun karena pandemi COVID-19, akhirnya resmi dibuka lagi hari ini. Mulai pukul 10.00 WIB, para pengunjung museum yang sudah mendaftar secara online bisa melepas rasa rindu terhadap karya-karya yang dipamerkan.

Head of Communications Museum MACAN, Nina Hidayat, menuturkan keputusan dibuka lagi pada 10 Maret merujuk kepada keputusan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dan pemerintah pusat.

"Disparbud DKI menyebutkan museum bisa dibuka kembali dengan kapasitas maksimum 50 persen dari total pengunjung sebelum pandemi. Dari jam 8 pagi sampai 4 sore, kita mengikuti aturannya dan menghitung sebanyak 25 persen pengunjung," ungkap Nina Hidayat saat ditemui detikcom di Museum MACAN Jakarta, belum lama ini.

Pihak Museum MACAN juga merencanakan keamanan dan protokol kesehatan yang ketat bagi para pengunjung. Secara berkala staf museum pun diwajibkan menjalani swab antigen.

Nina menuturkan setiap harinya ada slot 100 tiket yang dijual termasuk untuk anggota Museum MACAN. Setiap hari juga ada tiga slot yang disediakan, yakni pukul 10.00-12.00, 12.00-14.00, dan 14.00-16.00 WIB.

Museum MACAN Resmi Dibuka Lagi 10 Maret 2021Museum MACAN Resmi Dibuka Lagi 10 Maret 2021 Foto: Tia Agnes/detikHOT

Selama 15 menit terakhir kunjungan, dipakai untuk pembersihan ruangan. "Sistemnya adalah kami tetap membiarkan pengalaman museum berjalan saat proses pembersihan dan kami terapkan jarak aman yang ketat bagi pengunjung," katanya.

Head of Facilities and Operational Planning dan Exhibition Designer Museum MACAN, Cindy Tan, juga menambahkan aturan ketat yang ditetapkan juga mengacu kepada galeri seni dan museum internasional.

"Kami buka kembali dengan catatan keamanan ekstra, sebenarnya secara kasar juga kurang dari 50 persen pengunjung atau kapasitas di galeri," timpal Cindy Tan.

Lihat juga video 'Makna 5 Tudung yang Disajikan Perupa Mella Jaarsma di Museum Macan':

[Gambas:Video 20detik]



(Baca aturan saat Museum MACAN dibuka lagi mulai 10 Maret 2021)

Selanjutnya
Halaman
1 2