Angelina Jolie Jual Lukisan Masjid Karya Churchill Senilai Rp 47,7 M

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 12:21 WIB
Lukisan Masjid Maroko Karya Winston Churchill Dijual Angelina Jolie
Lukisan karya Winston Churcill yang dijual Angelina Jolie Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Jakarta -

Angelina Jolie menjual salah satu lukisan koleksinya yang pernah diberikan oleh Winston Churchill kepadanya. Lukisan bersejarah yang menjadi bagian dari sejarah politik dan Hollywood itu bakal dilelang pada Maret 2021.

Rumah lelang Christie mengumumkan awal pekan ini, lukisan pemandangan Maroko yang berjudul Tower of the Koutoubia Mosque atau Menara Masjid Koutoubia dilelang. Karya itu merupakan hadiah dari Winston Churchill kepada Presiden AS, Franklin D Roosevelt.

Angelina Jolie bakal menjualnya bulan depan dengan prediksi harga senilai Rp 29,4 miliar sampai Rp 47,7 miliar.

Dilansir dari berbagai sumber, lukisan bergambar masjid abad ke-12 di Maroko saat matahari terbenam itu punya latar Pegunungan Atlas di bagian belakangnya.

Lukisan itu merupakan satu-satunya karya yang diselesaikan oleh Winston Churchill selama Perang Dunia kedua antara tahun 1939 sampai 1945.

Winston Churchill melukisnya setelah Konferensi Casablanca di Januari 1943, saat ia bersama Roosevelt merencanakan kekalahan Nazi Jerman. Kedua pemimpin tersebut mengunjungi Maroko setelah konferensi agar Churchill dapat menunjukkan keindahan kota kepada Roosevelt.

Lukisan Masjid Maroko Karya Winston Churchill Dijual Angelina JolieLukisan Masjid Maroko Karya Winston Churchill Dijual Angelina Jolie Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Kepala Departemen Seni Inggris Modern di Balai Lelang Christie, Nick Orchard, mengatakan Franklin D Roosevelt mengaku terpesona oleh pemandangan Maroko dan menganggapnya luar biasa.

"Churchill dianggap bisa menangkap pemandangan luar biasa itu ke dalam lukisan yang indah dan menggugah. Ia memberikannya kepada pemimpin AS itu sebagai kenang-kenangan dari perjalanan tersebut," ungkapnya.

"Cahaya di Maroko adalah sesuatu yang disukai Winston Churchill. Ada perubahan cahaya matahari dan cahaya bermain dalam pemandangan tersebut," sambung Nick Orchard.

Lukisan itu dijual putra Roosevelt setelah kematian sang presiden di 1945. Sebelum dimiliki Angelina Jolie, lukisannya berpindah tangan beberapa kali sampai akhirnya bintang Lara Croft dan pasangannya Brad Pitt membelinya pada 2011.

Pasangan yang berpisah 2016 itu saat proses perceraian juga terlibat dengan pembagian koleksi seninya. Lukisan itu diharapkan bisa terjual melebihi rekor sebelumnya untuk karya seni Churchill yang dipegang senilai Rp 25,2 miliar.



Simak Video "Saat Sophia Latjuba 'Sulap' Dirinya Jadi Angelina Jolie"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)