Cate Blanchett Akan Bangun Galeri Seni di Inggris

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 13 Jan 2021 12:52 WIB
VENICE, ITALY - SEPTEMBER 02: Venezia77 Jury President Cate Blanchett walks the red carpet ahead of the Opening Ceremony and the Lacci red carpet during the 77th Venice Film Festival at  on September 02, 2020 in Venice, Italy. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Cate Blanchett akan bangun galeri seni di Inggris Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Aktris Cate Blanchett tidak hanya dikenal sebagai bintang Hollywood dan peraih Academy Award saja. Tapi pemeran Carol dan Blue Jasmine itu dikabarkan juga segera membangun galeri seni pribadinya di Highwell House, perkebunan terpencil di dekat kota Crowborough di East Sussex, tenggara Inggris.

The Times of London melaporkan, seperti dilansir detikcom, ia sedang membangun ruang galeri seni untuk koleksi pribadinya. Di dalam galeri seni juga ada ruang meditasi dan latihan.

Cate Blanchett punya berbagai koleksi karya seni yang ternama. Di antaranya ada Guan Wei, Paula Rego, Howard Hodgkin, Bill Hammond, dan seniman-seniman dunia lainnya.

Konsultan pembangunan sang aktris, menuturkan struktur bangunan nantinya akan ditambahkan dengan hunian utama untuk tempat tinggalnya.

"Dia merencanakan untuk membangun tempat agar bisa menikmati ketenangan dan dekat dengan alam," kata konsultan tersebut.

Namun, ada satu kendala selama pembangunan properti galeri seni dan rumah bagi Cate Blanchett. Perkebunan seluas 13 hektar itu disebut menjadi lokasi bagi koloni kelelawar yang dilindungi.

Kehadiran spesies ini terancam punah di lokasi tersebut tapi dewan kota tetap memberikan izin bagi Cate Blanchett untuk membangun properti pribadi dan galeri seni.

Jejak Cate Blanchett dalam industri seni pernah tercatat menjadi bintang bagi karya seni instalasi video dari seniman Julian Rosefeldt. Sosoknya masuk ke dalam pameran seni bertajuk Manifesto: Art x Agency di Hirshhorn Museum and Scuplture Garden di Washington.

Pameran seni Manifesto juga pernah menyambangi Jakarta awal tahun 2020 di Museum MACAN Jakarta tapi sayangnya eksibisi sempat terhenti karena pandemi COVID-19.

Karya instalasi media dengan 13 layar yang memuat aktris Cate Blanchett dalam 13 peran yang berbeda. Di Museum MACAN, karya seninya dipajang dalam skala besar.

Selain itu, Cate Blanchett juga pernah muncul dalam karya seni instalasi video berjudul The Four Temperaments ciptaan seniman Marco Brambilla.

Karya tersebut dipresentasikan tahun lalu di Michael FuchsGlerie di Berlin, Jerman.



Simak Video "Karya-karya Memikat di Pameran Nandur Srawung #8 Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/srs)