Museum MACAN Buka Pameran Melati Suryodarmo hingga Julian Rosefeldt

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 04 Feb 2020 17:21 WIB
Melati Suryodarmo
Foto: Istimewa
Jakarta -

Museum MACAN Jakarta akan membuka dua pameran besar akhir bulan ini. Dibuka pada 28 Februari, ada pameran tunggal seniman performans Melati Suryodarmo sampai karya multimedia 13 layar yang menampilkan aktris Cate Blanchett ciptaan perupa Jerman, Julian Rosefeldt.

Dua pameran akan memberikan ruang untuk membuka dialog tentang praktik seni kontemporer mutakhir yang disajikan dengan cara baru.

Direktur Museum MACAN, Aaron Seeto, mengatakan seni performans dan seni video adalah fondasi dari praktik seni kontemporer.

"Kami dengan bangga menampilkan dua perupa penting ini untuk audiens Indonesia. Kami berharap dengan mengembangkan dan mempresentasikan gagasan para perupa yang berpengaruh, dapat memperkuat dinamika medan seni Indonesia," tutur Aaron, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Selasa (4/2/2020).



Pameran tunggal Melati Suryodarmo 'Why Let the Chicken Run?' menghadirkan 12 karya performans. Selama 13 minggu, karya performans berdurasi antara 15 menit sampai 12 jam sepanjang periode 20 tahun berkarier sebagai seniman.

Museum MACAN Buka Pameran Melati Suryodarmo hingga Cate BlanchettMuseum MACAN Buka Pameran Melati Suryodarmo hingga Cate Blanchett Foto: Museum MACAN Jakarta



Termasuk 'Why Let the Chicken Run?' yang menampilkan Melati mengejar seekor ayam jantan hitam di area galeri. Di akhir pekan pertama pameran, Melati akan menampilkan karya berdurasi 12 jam yang berjudul 'I'm A Ghost in My Own House' (2012).

"Saya merasa terhormat karena dapat menjadi bagian dari dialog global seputar seni performans, posisinya di dalam medan seni kontemporer, dan perannya dalam masyarakat," kata Melati.



Selain itu, Museum MACAN juga menghadirkan pameran seni 'Manifesto'. Karya instalasi media dengan 13 layar yang memuat aktris Cate Blanchett dalam 13 peran yang berbeda.

Museum MACAN Buka Pameran Melati Suryodarmo hingga Cate BlanchettMuseum MACAN Buka Pameran Melati Suryodarmo hingga Cate Blanchett Foto: (dok.Museum MACAN)



Museum MACAN juga merancang program edukasi interaktif bernama 'Kolase Pikiran'. Serta Wicara Seniman dengan gaya angkringan bersama Melati Suryodarmo, kuliah terbuka dengan Julian Rosefeldt, program baru yaitu seri debat terbuka yang mengajak audiens berdebat secara publik mengenai isu-isu penting dalam seni kontemporer, dan lokakrya montase video.

Dua pameran berlangsung pada 28 Februari sampai 31 Mei 2020 di Museum MACAN (AKR Tower), Jalan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.



Simak Video "Mengenal Perupa Taring Padi yang Sudah Berkarya Sejak Orde Baru "
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)