Maradona Meninggal, Mural Kenangan Sang Legenda Menjamur di Buenos Aires

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 26 Nov 2020 11:12 WIB
Mural Diego Maradona
Mural Diego Maradona Foto: Istimewa
Jakarta -

Kepergian legenda sepakbola Digeo Maradona membawa duka yang mendalam bagi para penggemarnya. Tagar #RIPMaradona pun trending topic di Twitter.

Mural dan karya seni jalanan yang menjadi kenangan Diego Maradona pun bertebaran di penjuru dunia. Dilansir dari berbagai sumber, tembok bangunan di Buenos Aires dipenuhi oleh mural kenangan Maradona.

Seperti di jalanan kota La Boca, mural Maradona saat muda di dekade 1980an menghiasi salah satu dinding. Mural digambar dengan bagian kepala warna biru saat sang legenda sedang tersenyum dan rambut khasnya di kala muda.

Di salah satu dinding, mural Maradona dengan kaos sepakbola pun menghiasi jalanan kota. Ada juga mural yang merayakan Maradona yang disebut sebagai pesepakbola 'Gol Tangan Tuhan'.

Di kota San Telmo, sebuah mural berjudul Vamos Argentina merayakan gelaran Piala Dunia 2014. Ada juga mural pop art saat Maradona mengenakan kaos bergambar bendera Inggris.

Legenda sepakbola dari Argentina itu tutup usia, pada umur 60 tahun, di tanggal 25 November 2020. Maradona berpulang setelah mengalami masalah jantung.

Mural Diego MaradonaMural Diego Maradona Foto: Istimewa

Maradona membela Napoli periode 1984-1991. Saat itu Partenopei berhasil dibantunya meraih dua titel Serie A, juga gelar juara Coppa Italia, Piala UEFA, dan Piala Super Italia.

Jenazah Maradona disemayamkan di Istana Kepresidenan di Buenos Aires. Kepresidenan mengumumkan jenazah Maradona akan disemayamkan di istana presiden di Buenos Aires selama tiga hari. Tiga hari itu sekaligus menjadi hari berkabung nasional.

"Maradona akan disemayamkan di istana Casa Rosada sehingga publik bisa memberi penghormatan kepada pahlawan olahraga "dari Kamis sampai Sabtu," kata juru bicara kepresidenan Mario Huck.

Presiden Argentina juga melepas kepergian Maradona secara khusus. Termasuk, mengunggah foto bersama Maradona di akun Instagram.



Simak Video "Patung Maradona Bersayap, Tanda Penghormatan Seniman Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)