Merapi Siaga, Seniman Magelang Gelar Larung Sengkala di Sungai Progo

Eko Susanto - detikHot
Rabu, 25 Nov 2020 21:25 WIB
Prosesi ritual Donga Kali (Larung Sengkala) di Sungai Progo yang dilakukan seniman Kota Magelang dan Komunitas Lima Gunung.
Komunitas Lima Gunung Gelar Larung Sengkala di Sungai Progo Foto: Eko Susanto/ detikcom
Magelang -

Seniman di kota Magelang dan Komunitas Lima Gunung melakukan Donga Kali (Larung Sengkala) di Sungai Progo. Larung ini dilakukan untuk meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pagebluk COVID-19 segera sirna dan Gunung Merapi tidak menimbulkan bencana.

Larung Sengkala ini digelar oleh para seniman dari Magelang antara lain dari Pendhapa Sasana Pamardi Budaya, Sanggar Srikandi, Sanggar Arum Sari, dan seniman dari Komunitas Lima Gunung.

Untuk urut-urutan acara diawali dengan jejeran tokoh wayang Semar dengan Betari Durga yang berlangsung di Pendhapa Sasana Pamardi Budaya di Meteseh Kota Magelang.

Kemudian iring-iringan berjalan sekitar 200 meter menuju Sungai Progo. Tapi sebelum sampai sungai, para seniman ini sempat performans di bawah pepohonan sengon yang rindang.

Barang yang dilarung menuju Sungai Progo tersebut berupa dua tokoh wayang berupa gambar setan. Selain itu, kendil kecil yang berisi potongan rambut dari lima puteri yang memasuki masa remaja.

Dengan larung ini merupakan doa bersama agar COVID-19 segera sirna dan doa khusus untuk Gunung Merapi yang sekarang berstatus siaga jika meletus tidak menimbulkan korban.

Prosesi ritual Donga Kali (Larung Sengkala) di Sungai Progo yang dilakukan seniman Kota Magelang dan Komunitas Lima Gunung.Prosesi ritual Donga Kali (Larung Sengkala) di Sungai Progo yang dilakukan seniman Kota Magelang dan Komunitas Lima Gunung. Foto: Eko Susanto/ detikcom

"Ini merupakan salah satu agenda ritual, Dongo Kali (Larung Sengkala) di Sungai Progo membuat ritual larung. Ritual larung sengkala dari berbagai jenis yaitu potongan rambut dari lima puteri. Ini salah satu merupakan doa kita bersama semoga prahara COVID-19 pada tahun ini segera sirna karena sudah dilarung di Sungai Progo," kata Supadi Haryanto, Ketua Komunitas Lima Gunung saat ditemui di sela-sela Larung Sengkala di Sungai Progo, Rabu (25/11/2020).

"Semoga kebersamaan kita ini sebagai doa, puja kepada Yang Maha Kuasa semoga semua diberikan kesehatan, keselamatan dan juga doa ini khususnya untuk Gunung Merapi yang aktivitasnya siaga semoga letusan Gunung Merapi tidak membawa korban bencana bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Magelang dan sekitarnya," sambungnya.

(Bagaimana kelanjutan cerita performans Komunitas Lima Gunung, baca halaman kedua)

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sekuriti Toko Emas Perampas Uang Setoran Rp 425 Juta Dibekuk, Kaki Didor!"
[Gambas:Video 20detik]